Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Tanpa Juru Gedor Maut, Shin Tae Yong Pede Lini Kedua

- Selasa, 21 Desember 2021 | 21:54 WIB
Pemain lini kedua seperti Irfan Jaya membuktikan cukup produktif dengan 3 gol di piala AFF 2020 (Instagram@pssi)
Pemain lini kedua seperti Irfan Jaya membuktikan cukup produktif dengan 3 gol di piala AFF 2020 (Instagram@pssi)

Jakarta,suaramerdeka-jakarta.com -Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sempat dikritik warganet karena mengabaikan Ilija Spasojevic, pencetak 12 gol di BRI Liga 1 2021. Shin Tae-yong malah memanggil penyerang-penyerang mandul yang kombinasinya baru mencetak 5 gol di Liga.

Absennya pemain tipe striker bomber tak menjadi masalah buat Timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2020. Ada sembilan pemain berbeda menyumbang gol buat Pasukan Garuda.

Para penyumbang gol Timnas Indonesia adalah Irfan Jaya (3 gol), Rachmat Irianto (2 gol), Evan Dimas (2 gol). Sisanya, enam pemain mencetak masing-masing 1 gol yakni Ramai Rumakiek, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Ezra Walian, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Contohnya, Kushedya Hari Yudo baru mencetak 2 gol, sementara Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Ezra Walian, masing-masing baru mencetak 1 gol. Ketiadaan Spaso sempat membuat khawatir terkait peluang Timnas Indonesia untuk mencetak gol di Piala AFF.

Baca Juga: Jecovox Datang, Unbroken Menjelang

Menanggapi hal itu, Shin Tae-yong pernah mengutarakan rencana lain agar gol Timnas Indonesia tak terkendala mencetak gol. Salah satunya, ia juga menugaskan pemain-pemain dari lini kedua untuk mencetak gol.

"Memang masalah ini tiap tim berbeda-beda. Tetapi untuk saya, striker maupun gelandang harus bisa sama-sama mencetak gol," kata Shin Tae-yong, saat memberikan keterangan pers, Rabu (8/12/2021).

"Jadi harus sama sama mencetak gol banyak. Kalau mereka ikuti arahan saya, pasti mereka ada di posisi manapun bisa mencetak gol," ujarnya.

Sejauh ini keyakinan Shin Tae-yong  masih berjalan dengan baik di Piala AFF. Malahan ada sembilan pemain berbeda di Timnas Indonesia yang berhasil mengoyak gawang lawan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bermain Keras, Juninho Bacuna Mendapatkan Kartu Merah

Rabu, 28 September 2022 | 16:56 WIB

Gubernur Anies Baswedan Buka Festival Forwgi DKI Jakarta

Senin, 26 September 2022 | 14:49 WIB

FIFA Matchday: Timnas Indonesia Bungkam Curacao 3-2

Sabtu, 24 September 2022 | 23:27 WIB
X