Timnas Malaysia, Jadi Tim Ketiga di Kawasan Asia Tenggara yang Gunakan Pelatih Asal Korea Selatan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:00 WIB
Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi memilih Kim Pan Gon sebagai pelatih baru timnas Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur usai gagal di Piala AFF. (Instagram/famalaysia)
Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi memilih Kim Pan Gon sebagai pelatih baru timnas Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur usai gagal di Piala AFF. (Instagram/famalaysia)

 

Jakarta,suaramerdeka-jakarta.com- 'Harimau Malaya' julukan Timnas Malaysia, menjadi tim ketiga di kawasan Asia Tenggara saat ini yang menggunakan jasa pelatih asal Korea Selatan, setelah Vietnam dengan Park Hang Seo dan Indonesia bersama Shin Tae Yong.

Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi memilih Kim Pan Gon sebagai pelatih baru timnas Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe yang mundur usai gagal di Piala AFF.

Kim Pan Gon merupakan mantan pelatih timnas Hong Kong. Sepanjang karier profesionalnya, pria 52 tahun itu belum pernah memperkuat timnas Korea Selatan.

Sebelum menerima tawaran FAM melatih timnas Malaysia, Kim Pan Gon menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA). Posisi itu sudah dipegang Kim Pan Gon sejak Desember 2017.

Baca Juga: FK Senica: Witan dan Egy, Pemain pemain Top dan Berkarakter

Tugas utama Kim Pan Gon adalah memutuskan siapa yang menjadi pelatih timnas Korea Selatan di level senior dan U-23. Adalah Kim Pan Gon yang mengambil keputusan untuk mendepak Shin Tae Yong dari kursi pelatih timnas Korea Selatan usai Piala Dunia 2018.

Kim Pan Gon menganggap Shin Tae Yong gagal di Piala Dunia 2018 meski di fase grup timnas Korea Selatan meraih salah satu kemenangan paling mengejutkan dalam sejarah saat mengalahkan Jerman 2-0.

Baca Juga: Kominfo Tambah Bandwith dan Siapkan 5G Experience dalam MotoGP Mandalika 2022

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X