Ini Jawaban Kemlu RI Terkait Lolosnya Timnas Israel ke Piala Dunia U-20 di Indonesia

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:05 WIB
Salah satu punggawa Timnas Israel U-19 Roy Revivo siap tampil di Indonesia (Screenshoot instagram/@roy.revivo)
Salah satu punggawa Timnas Israel U-19 Roy Revivo siap tampil di Indonesia (Screenshoot instagram/@roy.revivo)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Timnas Israel dipastikan lolos Piala Dunia U-20 yang 'kebetulan' digelar di Indonesia. Lalu, bisakah para pemain timnas Israel masuk ke RI meski tak ada hubungan diplomatik di antara kedua negara?

Teuku Faizasyah, juru bicara Kemlu menyatakan bahwa PSSI adalah pihak yang berwenang untuk menjawab soal timnas Israel masuk ke Indonesia terkait tidak ada hubungan diplomatik antara kedua negara.

"Silakan ditanyakan ke PSSI yang menjadi tuan rumah Piala Dunia tersebut," kata Faizasyah pada senin (27/6).

Namun Faizasyah menyatakan bahwa kehadiran atlet-atlet dari negara yang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, seperti Israel, dimungkinkan terjadi.

Baca Juga: Ragam Reaksi Netizen Lihat Aksi Ronaldinho di Rans: Fun Football Kok Kayak Final UCL?

"Untuk event internasional dan Indonesia sebatas sebagai tuan rumah (contohnya pertemuan IPU yang baru lalu), kesertaan dimungkinkan karena undangan berasal dari pihak ketiga/badan-badan internasional. Untuk event bola dunia, pengundang adalah FIFA," ucap Faizasyah.

Sebagai informasi, perwakilan dari parlemen Israel hadir dalam IPU yang digelar di Bali pada Maret lalu. Parlemen Israel memang menjadi anggota dari IPU(Inter-Parliamentary Union).

Sebelumnya Ketua PSSI Mochamad Iriawan sudah menyatakan tidak ada masalah dengan kehadiran Israel di Piala Dunia U-20 2023. Iriawan mengatakan hal itu sebelum Israel memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Soal Israel saya rasa sudah ada tandatangan agreement (kesepakatan) waktu pemerintah tahun lalu. Siapapun yang datang bisa," kata Iriawan saat ditemui dalam latihan Timnas Indonesia U-19, Kamis (23/6).

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X