Mantan Ketua Umum PSSI Bicara Tragedi Kanjuruhan, Pakai Gas Air Mata di Stadion Salahi Aturan FIFA

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:50 WIB
Awal Mula Kerusuhan Arema vs Persebaya, Ada Tembakan Gas Air Mata (Tangkapan Layar Twitter @akmalmarhali)
Awal Mula Kerusuhan Arema vs Persebaya, Ada Tembakan Gas Air Mata (Tangkapan Layar Twitter @akmalmarhali)


SURABAYA- Mantan Ketua Umum PSSI yang kini menjabat Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti ikut mengomentari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter.

LaNyalla juga menyesalkan pola penanganan terhadap suporter yang turun ke stadion oleh polisi dengan menghajar dan menembaki gas air mata, sehingga terimbas kepada penonton yang ada di tribun.

Akibat kepanikan massal dan dampak dari gas air mata, ratusan orang berdesakan yang ingin keluar dari tribun menjadi korban. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Diusut Tuntas

“Larangan penggunaan gas air mata itu telah diatur FIFA dan tertuang pada Bab III tentang Stewards, pasal 19 soal Steward di pinggir lapangan. Jelas ditulis; Dilarang membawa atau menggunakan senjata api atau gas pengendali massa," kata LaNyalla melalui keterangan resminya, Minggu 2 Oktober 2022.

LaNyalla juga menilai hal itu membuktikan lemahnya koordinasi. Padahal sebelum pertandingan, pasti ada rakor pengamanan antara Panpel dengan Kepolisian.

“Entah apa alasan yang membuat polisi menembakkan gas air mata ke tribun, sehingga membuat kepanikan massal,” tandas LaNyalla.

Baca Juga: Kronologi Polisi Tembakkan Gas Air Mata saat Kerusuhan Arema vs Persebaya

Mantan Ketua Badan Timnas PSSI mengatakan, strategi evakuasi yang utama adalah mengamankan pemain, dan itu sudah dilakukan.

"Selanjutnya tinggal mencegah penonton melakukan perusakan atau saling serang antara dua kubu. Sambil semua pintu keluar dan jalur evakuasi dibuka untuk pengosongan stadion," jelasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persis Solo Tumbang, Bali United Juara IFel Liga 1

Senin, 28 November 2022 | 13:15 WIB
X