Kami St Pauli (1), Klub Sepakbolanya Kaum Marjinal Paling Beken Sejagad

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 08:00 WIB
St Pauli Nama yang unik bahkan tak lazim untuk klub sepakbola berlogo tengkorak yang berbasis dari kota Hamburg (Screenshoot instagram@fcstpauli)
St Pauli Nama yang unik bahkan tak lazim untuk klub sepakbola berlogo tengkorak yang berbasis dari kota Hamburg (Screenshoot instagram@fcstpauli)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Penggemar berat Si kulit bundar apalagi kaum Proletar sejagad pasti sudah paham keberadaan klub sepakbola dari Jerman St.pauli.

Sementara Penggila bola terutama Bundesliga terkini pasti lebih mengenal Bayern muenchen atau Borussia dortmund klub yang perah membesarkan Erling Haaland yang kini makin ganas di Liga Inggris.

Nama yang unik bahkan tak lazim untuk klub sepakbola berlogo tengkorak yang berbasis dari kota Hamburg.

St Pauli, tim yang berdiri pada 15 Mei 1910. Tim yang musim lalu hampir saja promosi ke bundesliga itu dikenal sebagai "Klub Punk".

Baca Juga: Schmeichel: Haaland Itu kombinasi Ronaldo dan Ibrahimovic

Uniknya di St Pauli sendiri kebanyakan dihuni oleh kaum proletar, mulai dari buruh, Nelayan kecil, pekerja seks komersil dan banyak lagi komposisi masyarakat kelas bawah di St Pauli

Klub St. Pauli menjadi salah satu kesebelasan yang cukup beken di se antero Eropa bahkan dunia walau tidak mendapatkan sokongan dana besar dari investor asal arab atau china yang nge trend dalam beberapa musim terakhir di liga liga utama eropa.

Sebagai klub dan Komunitas, St Pauli adalah gerakan anti-fasis. Dibuktikan dengan kampanye antifasis yang di ikuti oleh supporter St Pauli di laga kandang maupun tandang (Screenshoot instagram@fcstpauli)

Berbeda dengan kebanyakan supporter klub jerman yang ber ideologi sayap kanan, Dalam artikelnya pada 2016, Washington Post menuliskan fans St pauli  berkembang dengan ideologi Punk yang berslogan anti kemapanan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X