Kami St Pauli (2), Klub Sepakbolanya Kaum Marjinal Paling Beken Sejagad

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 08:00 WIB
Suporter St. Pauli tidak mempermasalahkan prestasi klub mereka, meskipun St. Pauli terdegradasi dan terperosok pada peringkat terakhir dari divisi terendah Bundesliga sekalipun (Screenshoot instagram/@fcstpauli)
Suporter St. Pauli tidak mempermasalahkan prestasi klub mereka, meskipun St. Pauli terdegradasi dan terperosok pada peringkat terakhir dari divisi terendah Bundesliga sekalipun (Screenshoot instagram/@fcstpauli)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Klub sepakbola St. Pauli mengintegrasikan seperangkat prinsip fundamental (Leitlinien) untuk mendikte bagaimana klub dijalankan.

Manifestasi klub disahkan dalam Kongres St. Pauli pada 2009. Bagi mereka, klub bukan hanya tentang permainan, melainkan juga kemanusiaan serta kesetiaan fans.

Suporter St. Pauli dikenal ramah dan setia kawan, mereka memiliki kolektivitas yang tinggi, dan bahkan mungkin yang tertinggi jika dibandingkan dengan suporter klub sepak bola Jerman yang lain. Itulah kenapa lambang "tengkorak dan tulang bersilang" dipilih oleh suporter St.Pauli.

Karena lambang mereka adalah masyarakat kelas bawah, ibarat kelompok bajak laut yang siap memburu kapal-kapal orang kaya, dalam hal ini kapal kaya itu adalah klub borjuis, seperti Bayern Munchen ataupun klub se kota mereka, Hamburg SV.

Punk and Skinhead menjadi cara pandang gaya hidup sebagian besar fans St pauli. Gaya rambut punk dan ritual bernyanyi bersama di stadion dengan lagu milik ACDC yang berjudul Hells Bells saat para pemain berjalan keluar lapangan sudah menjadi ciri khas fans.

Baca Juga: Menang Atas UEA, Timnas Indonesia U-17 Memimpin Grup B

Suporter St. Pauli juga memiliki fanatisme ideologis yang sangat kuat, mereka memilih mengutamakan kemandirian ekonomi dan membiarkan klubnya berjuang dari bawah, ketimbang royal dalam membelanjakan pemain demi mendulang prestasi.

Suporter tidak mempermasalahkan prestasi klub mereka, meskipun St. Pauli terdegradasi dan terperosok pada peringkat terakhir dari divisi terendah Bundesliga sekalipun. Terkini St Pauli salah satu klub dari divisi dua Liga Jerman.

Suporter St. Pauli merasa lebih terhormat bila klubnya minim prestasi, daripada mereka harus menerima suntikan dana dari kapitalis demi prestasi instan!

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X