Menpora Ungkap alasan FIFA Kirim Surat ke Presiden bukan ke PSSI

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:05 WIB
Menpora Zainudin Amali mengungkap alasan FIFA mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), bukan ke PSSI sebagai federasi di bawah FIFA, setelah insiden Tragedi Kanjuruhan. (Screenshoot instagram/@pikiranrakyat)
Menpora Zainudin Amali mengungkap alasan FIFA mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), bukan ke PSSI sebagai federasi di bawah FIFA, setelah insiden Tragedi Kanjuruhan. (Screenshoot instagram/@pikiranrakyat)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-FIFA melalui surat ke Jokowi per tanggal 5 Oktober 2022 mengaku siap membantu pemerintah untuk membangkitkan persepakbolaan Indonesia usai Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang.

Menpora Zainudin Amali mengungkap alasan FIFA mengirim surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), bukan ke PSSI sebagai federasi di bawah FIFA, setelah insiden Tragedi Kanjuruhan.

Dalam surat tersebut FIFA mengungkap lima poin penting yang harus diperbaiki tim bersama yang berisikan FIFA, AFC, pemerintah Indonesia dan PSSI.

Lima hal yang harus dibenahi adalah standar keamanan stadion, protokol dan prosedur pengamanan oleh kepolisian, dialog bersama klub dan suporter, jadwal pertandingan, serta pendampingan dan benchmarking.

Baca Juga: Polri: Para Ahli Memastikan Gas Air Mata Bukan Penyebab Kematian Suporter di Stadion Kanjuruhan

Menpora mengatakan Presiden FIFA Gianni Infantino mengirim surat secara langsung ke Presiden Jokowi, bukannya ke PSSI, karena menganggap Tragedi Kanjuruhan sebagai situasi luar biasa.

"Mungkin saja ini dianggap suatu extraordinary oleh FIFA. Tapi kita harus berhati-hati tidak boleh menerjemahkan sesuai apa yang kita mau. Pemerintah sudah membentuk TGIPF biarlah tim itu yang bekerja," kata Menpora dikutip dari Antara.

Menpora mengatakan pemerintah tidak punya wewenang untuk melakukan evaluasi terhadap PSSI, seperti desakan sebagian masyarakat yang menginginkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mundur karena Tragedi Kanjuruhan.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Joao Cancelo Tinggalkan Manchester City

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:30 WIB

Juventus Cari Poin Selamat Di Liga Italia

Senin, 30 Januari 2023 | 08:36 WIB
X