Balasan Aksi Tutup Mulut Timnas Jerman, Fans Qatar Pakai Poster Ozil Yang Juga Korban Rasis

- Senin, 28 November 2022 | 16:42 WIB
Di Al-Bayt Stadium, para suporter Qatar-merujuk gamis yang dikenakan- membawa poster eks bintang Der Panzer, Mesut Ozil sambil menutup mulut mereka. (Screenshoot instagram@tfdo_)
Di Al-Bayt Stadium, para suporter Qatar-merujuk gamis yang dikenakan- membawa poster eks bintang Der Panzer, Mesut Ozil sambil menutup mulut mereka. (Screenshoot instagram@tfdo_)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Muncul sejumlah spekulasi bahwa aksi fans Qatar merupakan sindiran balik kepada Timnas Jerman yang protes atas keputusan FIFA dan Qatar yang melarang kampanye dukungan terhadap LGBT di Piala Dunia 2022.

Laga timnas Spanyol vs Jerman yang berlangsung Senin (28/11) dini hari WIB diwarnai aksi simpatik sejumlah suporter Qatar.

Di Al-Bayt Stadium, para suporter Qatar-merujuk gamis yang dikenakan- membawa poster eks bintang Der Panzer, Mesut Ozil sambil menutup mulut mereka.

Saat itu timnas Jerman berpose sambil menutup mulut pada matchday perdana saat menghadapi Jepang.

Baca Juga: Usai Menang Dari Belgia, Aksi Achraf Hakimi Memeluk dan Mencium Kening Ibu: Aku Cinta Kamu, Ibu

Aksi sindiran balik dari tribune Al-Bayt itu kemudian merujuk kepada tindakan rasialisme yang dilakukan Jerman kepada mantan pemainnya tersebut.

Ozil, pemain muslim asal Jerman itu mengakui mengalami tindakan intimidasi dan rasialisme karena menyuarakan dukungannya terhadap pergerakan kaum muslim, mulai dari aksi solidaritas untuk Uighur, hingga kedekatannya dengan Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan.

Seperti diketahui, Ozil mundur dari timnas setelah menjadi sasaran pelecehan rasialisme dan dijadikan kambing hitam kala Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inter Milan Incar Firmino dari Liverpool

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:30 WIB

Jadwal Putaran ke 4 Piala FA: Ada MU vs Reading

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:00 WIB
X