Piala Dunia 2022 Buktikan Agama dan Bola Bisa Menyatu

- Kamis, 1 Desember 2022 | 13:38 WIB
Tangkapan layar Gelora Talks bertajuk Qatar World Cup 2022, Diplomasi Islam dan Bangkitnya Sepak Bola Asia. (Gelora Media Center)
Tangkapan layar Gelora Talks bertajuk Qatar World Cup 2022, Diplomasi Islam dan Bangkitnya Sepak Bola Asia. (Gelora Media Center)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar untuk pertama kali di dunia Islam, tidak hanya mewakili dunia Arab saja. Akan tetapi juga mewakili dua miliar populasi muslim di seluruh dunia.

"Qatar bukan hanya mewakili dunia Arab, tapi mewakili dua miliar populasi muslim di seluruh dunia, termasuk mewakili kita di Indonesia," kata Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta, Rabu (30/11).

Hal itu disampaikannya dalam Gelora Talks bertajuk Qatar World Cup 2022, Diplomasi Islam dan Bangkitnya Sepak Bola Asia. Menurutnya, ajang itu memberikan pencitraan baru tentang Islam kepada seluruh dunia melalui perhelatan sepak bola.

"Sepak bola telah menyatukan seluruh umat manusia. Tidak memandang apa agamanya dan ras," ujarnya.

Hal ini bisa dilihat dari perhelatan Piala Dunia di Qatar saat ini. Bahwa agama terbukti tidak memecah bola dan orang.

"Bagi kita di sini di Indonesia, di tengah polarisasi saat ini, juga sangat penting. Kita bisa melakukan seperti apa yang dilakukan Qatar," tandasnya.

Tembok
Dikatakan, polarisasi terjadi, karena agama dijadikan tembok, bukan jembatan. Dia menambahkan, Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023.

"Hal ini harus bisa dimanfaatkan pemerintah secara maksimal untuk mengakhiri polarisasi politik dan identitas. Yang mana mulai menguat lagi menjelang Pemilu 2024," tegasnya.

Karenanya, hal itu harus bisa dimanfaatkan maksimal untuk mengakhiri polarisasi. Sebab, bola dan agama bisa bersatu, bisa bercampur.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Inter Milan Incar Firmino dari Liverpool

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:30 WIB

Jadwal Putaran ke 4 Piala FA: Ada MU vs Reading

Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:00 WIB
X