Gol Kedua Jepang Versi VAR Tuai Kontroversi, Begini Penjelasan FIFA

- Jumat, 2 Desember 2022 | 10:00 WIB
Gol kedua timnas Jepang Ao Tanaka ke gawang Spanyol dalam laga pamungkas babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12) dinyatakan sah (Foto: Dok FIFA)
Gol kedua timnas Jepang Ao Tanaka ke gawang Spanyol dalam laga pamungkas babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12) dinyatakan sah (Foto: Dok FIFA)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-Proses gol kedua Jepang sempat disebut kontroversial karena bola yang ditendang Kaoru Mitoma dianggap sudah keluar garis lapangan. Namun VAR menyatakan bola tetap aktif.

Gol kedua timnas Jepang Ao Tanaka ke gawang Spanyol dalam laga pamungkas babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12) dinyatakan sah.

Dalam tayangan ulang, bagian bawah bola nampak sudah keluar garis. Namun bagian sisi bola lainnya dianggap masih menyentuh garis lapangan meski sangat tipis.

"Sepak bola adalah permainan tentang milimeter. Ini adalah momen proses gol kedua Jepang yang sudah ditinjau secara intens dengan VAR. (Kaoru) Mitoma masih bisa menjaga bola tetap hidup," tulis keterangan FIFA.

Baca Juga: Hasil Grup F Piala Dunia 2022: Maroko dan Kroasia Lolos Ke Babak 16 Besar, Pelatih Belgia Mundur!

Jepang berhasil mempertahankan keunggulan hingga wasit meniup peluit panjang. Samurai Blue lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Spanyol 2-1.

Setelah sukses menghancurkan Jerman, tim asuhan Hajime Moriyasu berhasil mengalahkan Spanyol di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar.

Spanyol sempat unggul di babak pertama lewat sundulan Alvaro Morata di menit ke-11. Striker Atletico Madrid itu sukses menuntaskan umpan silang Cesar Azpilicueta.

Memasuki babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan menambah intensitas serangan. Hasilnya, tembakan keras Ritsu Doan dari luar kotak penalti pada menit ke-48 sukses mengoyak gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shayne Pattynama Resmi Menjadi WNI

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:37 WIB
X