BSI Gandeng Perguruan Tinggi Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah

- Rabu, 22 September 2021 | 21:34 WIB
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Direktur Finance & Strategy Bank Syariah Indonesia Ade Cahyo Nugroho, dan Direktur Compliance & Human Capital Bank Syariah Indonesia Tribuana Tunggadewi saat Penandatanganan MoA Strategic Sharia Banking Management (SSBM), Kamis 22 September 2021. (BSI)
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi, Direktur Finance & Strategy Bank Syariah Indonesia Ade Cahyo Nugroho, dan Direktur Compliance & Human Capital Bank Syariah Indonesia Tribuana Tunggadewi saat Penandatanganan MoA Strategic Sharia Banking Management (SSBM), Kamis 22 September 2021. (BSI)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) menandatangani perjanjian kerja sama dengan lima universitas terkemuka di Indonesia yakni Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kolaborasi ini dijalin demi meningkatkan literasi keuangan syariah.

Program dengan nama Strategic Sharia Banking Management (SSBM) tersebut merupakan program yang bertujuan melakukan link and match antara industri keuangan syariah dan lembaga pendidikan. Selain itu, meningkatkan literasi keuangan dan perbankan syariah bagi generasi muda, dan meningkatkan kualitas kerja sama antar lembaga. BSI ikut menjadi tenaga pendidik dalam program ini.

Menteri Keuangan sekaligus Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini masyarakat Indonesia mulai menunjukkan keinginan untuk hidup dengan nilai-nilai keislaman di setiap aspek kehidupan. Ini adalah kesempatan pada industri keuangan untuk harus memiliki daya saing baik dari struktur organisasi maupun sumber daya manusia.

“Saya berharap BSI menjadi motor dan menciptakan rasa percaya diri dalam tata kelola dan sumber daya manusia yang baik. BSI harus mengikuti tata kelola yang sehat, transparan dan kompetitif," ujarnya, Rabu, 22 September 2021.

Menurutnya, hal itu menjadi amanah yang luar biasa penting dan perlu komitmen yang kuat. Pasalnya, dari sisi sumber daya manusia, literasi keuangan Islam masih rendah. "Saya menyambut gembira acara penandatangan ini untuk bisa melakukan kerja sama, mempertemukan industri dan perguruan tinggi untuk sinergi membangun sumber daya manusia yang sesuai dengan industri, khususnya industri perbankan syariah," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menegaskan sebagai salah satu pelaku industri perbankan syariah sekaligus market leader, BSI berinisiatif untuk bersinergi dan berkolaborasi melalui Program SSBM. Program ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan literasi keuangan dan perbankan syariah bagi generasi muda, Civitas Akademica, dan masyarakat luas bersama universitas di Indonesia yang didukung oleh IAEI.

“Ada pekerjaan rumah besar dalam hal peningkatan literasi keuangan dan perbankan syariah di Indonesia. Dalam catatan Otoritas Jasa Keuangan, literasi masyarakat terhadap keuangan dan perbankan syariah hanya kurang dari 9% saja, jauh tertinggal dari literasi terhadap keuangan konvensional yang hampir 40%. Dari literasi yang masih perlu ditingkatkan tersebut mengakibatkan inklusi keuangan syariah hanya diangka 9,1%, jauh tertinggal dari bank konvensional yang mencapai 76,2%,” kata Hery.

Diharapkan kerjasama yang terjalin antara BSI dengan kelima universitas ini akan mendukung majunya industri perbankan syariah Indonesia ke depannya. BSI akan terbuka bagi universitas lain yang ingin bergabung dalam program SSBM.

Rektor Institut Pertanian Bogor, Arif Satria mengharapkan program ini bisa diperluas pada seluruh kampus di seluruh Indonesia. Menurut Arief lewat kerja sama ini, Indonesia bisa menjadi trendsetter perubahan, termasuk pada industri keuangan syariah.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AXA Mandiri Luncurkan Layanan Digital Emma

Kamis, 25 November 2021 | 21:28 WIB

Cara Milenial Pakai Kartu Kredit Tanpa Boros

Selasa, 2 November 2021 | 21:41 WIB

Danamon Gandeng Grab Luncurkan Kartu Kredit Inovatif

Selasa, 2 November 2021 | 21:10 WIB

Kinerja Ekspor Perdagangan ke China Meningkat

Senin, 1 November 2021 | 23:57 WIB

Pascamerger, Laba BSI Melonjak 37,01%

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:26 WIB

Pembeli ORI020 Didominasi Ibu-ibu

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:21 WIB

Obligasi Ritel Seri ORI020 Laku Rp15 Triliun

Senin, 25 Oktober 2021 | 16:44 WIB

TAF Bangun Jakarta Service Lounge di Mal

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:44 WIB

TAF Perbarui Aplikasi Digital FLEX

Jumat, 22 Oktober 2021 | 22:14 WIB

Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:12 WIB

6 Prinsip Dasar Asuransi

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:33 WIB
X