Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tetapkan Kebijakan Harga DMO Batu Bara Untuk Sektor Non List

- Kamis, 4 November 2021 | 05:58 WIB

 

 

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Dalam keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menetapkan Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/Bahan Bakar Industri Semen dan Pupuk di Dalam Negeri sebesar USD 90 (sembilan puluh dolar Amerika Serikat) per metrik ton Free On Board (FOB) Vessel, yang didasarkan atas spesifikasi acuan pada kalori 6.322 kcal/kg.

 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Kebijakan yang Ramah untuk Dukung Efisiensi Infrastruktur TIK

Total Moisture 8% (delapan persen), Total Sulphur 0,8% (nol koma delapan persen), dan Ash 15% (lima belas persen) dan Keputusan Menteri ESDM ini sudah mulai berlaku pada dari 1 November 2021.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Batu Bara dan Energi Indonesia (ASPEBINDO), Dr. Anggawira, MM  memuji upaya strategis dan inovatif yang dibuat pemerintah dalam mengawal bisnis di bidang energi

Baca Juga: Ritech Expo Memacu untuk terus Berinovasi bagi Bangsa

“Dengan adanya batas harga jual ini, sebuah langkah sangat baik supaya tidak terjadi disparitas harga yang signifikan dengan harga eksport batu bara”, ujar Anggawira pada selasa (02/11/2021).

Anggawira juga mengatakan penetapan harga ini bisa berdampak baik, agar para UMKM batu bara bisa tambah maju dan juga ikut bersaing. Dia juga menambahkan bahwa ASPEBINDO siap untuk berkolaborasi dan mengawal untuk membahas formula harga DMO dan kualitas batubaranya yang tepat dan juga bisa lebih maksimal dalam pemenuhan dalam negeri dan juga permintaan eksport yang tinggi sekali saat ini.*

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB
X