Belajar Strategi Membangun Brand di Era Digital Lewat Digitalk

- Kamis, 25 November 2021 | 23:30 WIB

 

JAKARTA,suaramerdeka-,jakarta.com-Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian bangsa. Di tengah pandemi COVID-19, kita perlu mengapresiasi dan membantu UMKM agar berhasil bangkit kembali. Dengan diresmikannya Gernas #BanggaBuatanIndonesia pada 14 Mei 2020 lalu, Presiden Jokowi juga mengajak kita untuk mendorong national branding produk lokal unggulan. Pemanfaatan teknologi digital pun menjadi penting, agar UMKM bisa bangkit, naik kelas, serta terus adaptif dan kreatif mengikuti pasar hari ini.

Dalam rangka memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku UMKM mengenai kemampuan untuk kreatif di era pandemi, yang mana meliputi peningkatan pengetahuan tentang strategi branding serta kualitas produk UMKM lokal, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Forum Digitalk dengan tema “Strategi Membangun Brand di Era Digital”, pada Rabu, 24 November 2021. Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Ditjen IKP Kominfo.

Baca Juga: Tokocrypto Gelar The Kripto Odyssey Summit 2021

Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni industri berdasarkan cyber-physical yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Era ini dikenal pula dengan istilah IoT atau“Internet of Things”, di mana semua perangkat di sekitar kita terhubung dengan internet.

“Implementasi industri 4.0 dinilai sebagai strategi tepat untuk membangkitkan aktivitas sektor manufaktur di dalam negeri pada fase new normal (kenormalan baru),” demikian jelas Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary dalam sambutannya.

Baca Juga: Pemerhati : Permendikbudristek PPKS Tidak akan Ada Manfaatnya

Branding bukan hanya sekedar slogan, logo, merk dan produk, tetapi semua hal saat ini adalah brand, bahkan kita secara pribadi adalah sebuah brand juga. Sederhananya, brand merupakan sebuah ikatan emosi antara produk anda dengan konsumen, karena brand adalah gabungan nama dan makna. Demikian dikatakan Bryan Erfanda Putra (Digital Strategist) dalam paparannya. Lebih jauh Bryan menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan dalam membangun brand adalah riset, karena bila membangun tanpa data maka siap-siap gagal dan salah satu yang membuat kita gagal adalah asumsi. 

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AIA Dan CIMB Niaga Luncurkan Fortuna Saver Protection

Senin, 6 Desember 2021 | 14:34 WIB

BUMN Perdangan dan Logistik Resmi Menjadi New PPI

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:35 WIB

DPR Targetkan Revisi UU Migas Akhir 2022

Selasa, 30 November 2021 | 19:45 WIB

Shopee Fashion Week Gelar Diskon Hingga 50%

Selasa, 30 November 2021 | 11:14 WIB
X