Mandiri Sekuritas Proyeksikan Ekonomi Kembali Melaju di Atas 5%

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:36 WIB
Chief Economist Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy. (Dokumentasi)
Chief Economist Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy. (Dokumentasi)



JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com, PT Mandiri Sekuritas (Mandiri Sekuritas/Perusahaan), perusahaan anak dari Bank Mandiri, memproyeksikan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 5,17% pada 2022. Optimisme ini didorong oleh konsumsi dan investasi, dengan asumsi bahwa kondisi Covid-19 akan tetap terkendali dan target 70% dari penduduk Indonesia sudah divaksinasi (fully vaccinated) di semester pertama 2022.

Chief Economist Mandiri Sekuritas Leo Putera Rinaldy menyatakan seiring dengan peningkatan permintaan dari sektor swasta, maka pemerintah akan secara hati-hati dan gradual mengurangi stimulus fiskal. Pemerintah juga mulai berimbang kepada kebijakan mikro serta sektoral untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan didorong oleh meningkatnya permintaan domestik, baik dari sisi konsumsi dan investasi," katanya di sela-sela acara peluncuran MOST Digital Studio Mandiri Sekuritas, Selasa, 30 November 2021.

Baca Juga: Pekerja Sebaiknya Punya Rumah, Ini Kebijakan Pemerintah yang Memudahkannya

Dengan kata lain, lanjut dia, akan terjadi transisi yang gradual dari public-led growth kepada private-led growth. Namun, hal ini harus didukung oleh upaya pemangku kebijakan dan semua pihak untuk memuluskan transisi Covid-19 dari pandemi menjadi endemi. Caranya dengan terus mengendalikan Covid-19 dan mengakselerasi proses vaksinasi agar mencapai target 70% populasi fully vaccinated di semester pertama 2022.

"Semakin berkembangnya penggunaan teknologi digital akan juga
mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke depan,” kata Leo.

Sedangkan dalam konteks tren pertumbuhan ekonomi dibandingkan global dan negara-negara lain, Indonesia berada dalam posisi yang lebih baik. Pada saat IMF memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan mengalami normalisasi di 2022, Mandiri Sekuritas memperkirakan tren pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus meningkat.***

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Industri Logam dan Baja Tumbuh Kian Moncer

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:24 WIB
X