Bidang ESDM Kadin Indonesia Komitmen Dukung Hilirisasi Energi dan Net Zero Emission

- Kamis, 9 Desember 2021 | 08:00 WIB

 

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com-Sejalan dengan komitmen untuk merealisasikan kinerja kepengurusan yang inklusif dan kolaboratif, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2021 di Nusa Dua, Bali pada 3-4 Desember 2021. Rapimnas ini sendiri merumuskan program-program unggulan Kadin Indonesia berdasarkan 4 pilar utama, terutama terkait dengan pemulihan ekonomi di masa pandemi.

 

Wakil Ketua Umum Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Kadin Indonesia Mardani H. Maming berambisi untuk bisa mengubah pola pikir dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) khususnya minyak dan gas (migas) dengan memberikan nilai tambah melalui industrialisasi dan melakukan kontribusi untuk mendorong program hilirisasi energi. Ia berkomitmen Kadin Indonesia menjadi garda terdepan dalam membangun negeri, mengoptimalisasi pengelolaan SDA, mendorong inovasi, dan mengutamakan industrialisasi yang ramah lingkungan untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang.

 

"Kami terus berupaya mencari terobosan agar sektor hilir migas tidak hanya dapat memberikan manfaat pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga dapat menggerakkan dunia usaha sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menurut saya, Indonesia saat ini tergantung LPG dan BBM impor padahal kita memiliki sumber daya melimpah baik energi fosil maupun energi baru terbarukan, harus ada solusi untuk energi masa depan," ujar Maming, dalam acara Rapimnas Kadin 2021 di Nusa Dua Bali (4/12).

 Baca Juga: Indonesia Pamerkan Aneka Produk Ramah Lingkungan pada Gelaran Expo 2020 Dubai

Selain itu, Maming mengungkapkan, pentingnya mendorong industri hilirisasi SDA agar nilai tambah pengelolaannya bisa dinikmati di dalam negeri. Menurutnya, semangat hilirisasi juga sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan transformasi ekonomi yang memberi nilai tambah.

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir: BUMN Terus Dorong UMKM Naik Kelas

Kamis, 26 Januari 2023 | 15:38 WIB
X