Dukung Pemulihan Ekonomi Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru, KemenkopUKM dan LPDB-KUMKM Serahkan Donasi

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:50 WIB

LUMAJANG,suaramerdeka-jakarta.com- Kementerian Koperasi dan UKM dan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) siap terlibat dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Bersama Kementerian Koperasi dan UKM serta lembaga terkait lainnya, secara simbolis dilakukan penyerahan donasi sebesar Rp443.798.500 kepada pemerintah Kabupaten Lumajang.

Dana bantuan tunai tersebut terkumpul dari beberapa pihak yakni LPDB-KUMKM bersama dengan Unit Kegiatan Pegawai (UKP), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) LPDB-KUMKM, mitra koperasi LPDB-KUMKM, Bank Syariah Indonesia (BSI), KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera, PPK-BLU, KORPRI, dan Dharma Wanita Persatuan KemenkopUKM.

Baca Juga: Sambut Hari Bhakti Imigrasi ke-72, Kemenkumham Gelar Seminar Nasional tentang Kolaborasi Manajemen Perbatasan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, mengaku ikut berempati atas musibah yang dialami masyarakat di kaki Gunung Semeru. Untuk itu, secara simbolis pihaknya menyerahkan bantuan tunai tersebut kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Teten menegaskan bahwa pihaknya juga akan ikut membantu pemulihan ekonomi masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi melalui beberapa program strategis yang saat ini sedang disusun bersama pihak terkait.

"Tadi saya sudah lihat rencana besar pembangunan perumahan relokasi bagi masyarakat terdampak ini. Nanti ada pusat tempat usaha bagi UMKM, ada pasar, ada kandang ternak terpadu dan lainnya. Nah ini menurut saya konsep yang sangat baik. Kami akan coba koordinasi dengan Pak Bupati mengenai model bisnisnya bagaimana mengelola ekonomi kawasan menjadi terintegrasi," kata Teten dalam kunjungan kerjanya ke Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Pasien Omicron Boleh Isoman Selama Memenuhi Syarat Klinis

Teten mengapresiasi kerja cepat yang dilakukan oleh semua pihak lintas Kementerian/Lembaga termasuk dari pemerintah daerah dalam upaya rekonstruksi, relokasi dan recovery perekonomian masyarakat yang terdampak erupsi. Kedepan, pihaknya siap memberikan dukungan khususnya untuk pemulihan ekonomi.

"Sekarang ini tahap transisi ke rekonstruksi, nanti kami dari Kementerian di masa relokasi mulai akan mulai intervensi untuk pengembangan usaha warganya baik melalui koperasi atau dalam bentuk usaha lainnya," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upods Indonesia Luncurkan Produk Terbaru

Minggu, 22 Mei 2022 | 20:53 WIB

Citilink Perkuat Konektivitas di Barat Indonesia

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:43 WIB

Len Garap Sistem Persinyalan Kereta di Filipina

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:27 WIB
X