Jangan Khawatir! Dirut Pertamina Jamin Harga BBM Subsidi dan LPG 3 Kg Tidak Naik

- Selasa, 29 Maret 2022 | 07:30 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan tidak ada kenaikan harga pada bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi.  (Screenshoot instagram/@nicke_widyawati)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan tidak ada kenaikan harga pada bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi. (Screenshoot instagram/@nicke_widyawati)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Harga LPG nonsubsidi disebut-sebut bisa naik lagi. Hal ini karena harga minyak dunia yang terus merangkak naik ke level diatas US$ 130 per barel. Kondisi ini bisa mempengaruhi harga bahan baku untuk LPG nonsubsidi.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menegaskan tidak ada kenaikan harga pada bahan bakar minyak (BBM) dan LPG subsidi. Hal ini disampaikan saat paparan mengenai besarnya subsidi BBM dan LPG.

"Kalau tidak ingin memberikan tambahan beban ke masyarakat, seperti halnya hari ini kebijakan pemerintah adalah tidak ada kenaikan harga BBM atau LPG subsidi. Jadi beban ini harus ditutup subsidi," katanya, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI, Senin (28/3/2022).

Perihal volume untuk BBM dan Elpiji yang disubsidi, Nicke mengakui memang besarannya sangat tinggi. Untuk LPG subsidi besarannya 93% dan 7% untuk yang non subsidi.

Baca Juga: Kurangi Plastik, Unilever Indonesia Gandeng QYOS Hadirkan Refill Station

"BBM baik gasoline (bensin) secara keseluruhan 83% subsidi dan 17% nonsubsidi. Memang subsidi ini besar.

"Bagaimana ke depannya? Dalam melihat beban ini, memang beban ini tidak akan hilang. Beban itu bisa ke Pertamina, pemerintah, dan ke masyarakat, ini harus kita balance," jelasnya

Untuk itu, Nicke menyarankan harus ada perubahan dalam skema subsidi dua komoditas energi tersebut. Menurutnya, subsidi lebih baik langsung ke orang bukan ke barang.

Distribusi gas 3kg di Pulau Samosir, Sumatera Utara (Tangkapan layar instagram/@pertamina)

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X