PT Pertamina Berencana Beli Minyak Mentah Dari Rusia, Ini Alasannya

- Selasa, 29 Maret 2022 | 11:17 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati justru berencana membeli minyak mentah dari Rusia. Pasalnya, harga minyak dari negara 'Beruang Merah' berpotensi lebih murah  (Tangkapan layar instagram/@pertamina)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati justru berencana membeli minyak mentah dari Rusia. Pasalnya, harga minyak dari negara 'Beruang Merah' berpotensi lebih murah (Tangkapan layar instagram/@pertamina)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Perang berlarut larut antara Rusia dan Ukraina berpengaruh terhadap tingginya harga minyak dunia yang sudah tembus US$100 per barel.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati justru berencana membeli minyak mentah dari Rusia. Pasalnya, harga minyak dari negara 'Beruang Merah' berpotensi lebih murah di tengah konflik dengan Ukraina dan hujan sanksi dari negara barat.

"Di saat harga sekarang situasi geopolitik, kami melihat ada opportunity untuk membeli dari Rusia dengan harga yang baik," ungkap Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama komisi VI DPR, Senin (28/3).

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Jangan Khawatir! Dirut Pertamina Jamin Harga BBM Subsidi dan LPG 3 Kg Tidak Naik

Untuk masalah ini, secara politik tidak ada masalah sepanjang perusahaan yang kami deal ini tidak terkena sanksi," ucap Nicke.

Nantinya, Pertamina akan membeli minyak dari Rusia secara business to business (B to B). Kemudian, minyak mentah tersebut akan diolah di Kilang Balongan.

Namun, pembelian minyak masih menunggu revamping Kilang Balongan yang ditargetkan rampung pada Mei 2022. Kini, Kilang Balongan hanya dapat menerima minyak mentah dengan tingkat sulfur rendah seperti yang diproduksi Saudi Aramco.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X