Gandeng TNI/Polri, KAI Jamin Keamanan Areal Stasiun dari Gangguan Kamtibmas

- Sabtu, 2 April 2022 | 16:49 WIB
 
 
BANDUNG,suaramerdeka-jakarta.com- Intensitas lalu lintas penumpang KA belakangan ini makin meningkat pasca pelonggaran syarat perjalanan selama pandemi Covid-19, 
 
Karenanya, potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat jadi atensi termasuk di areal stasiun. Terlebih, Angkutan Lebaran siap menjelang pada ahir April mendatang.
 
Potensi gangguan itu di antaranya praktik premanisme. Karenanya, penumpang diminta tak segan-segan atau jangan sampai rikuh untuk melapor ke petugas keamanan guna ditindaklanjuti. 
 
 
"Petugas kami siaga on call untuk melakukan penertiban dan pengamanan. Apalagi stasiun kan merupakan etalase, citra sebuah daerah juga yang mesti menjadi perhatian semua pihak," kata Jubir PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Jumat (1/4) malam.
 
Untuk keperluan tersebut, kata eks Humas Daop 5 Purwokerto dan Daop 7 Madiun itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi guna menghadirkan rasa aman dengan menggandeng TNI/Polri. 
 
Langkah ini diharapkan bisa memperkuat pengamanan stasiun. Untuk tugas tim tersebut, mereka pun mengerahkan personil internal, Polsuska di dalamnya sehingga tercipta sinergi dalam rangka menekan gangguan Kamtibmas.
 
 
Mereka akan bergerak secara mobile di semua areal stasiun Daop 6 termasuk di areal parkiran di antaranya Tugu, Lempuyangan, Wates, Klaten, Purwosari, hingga Solo Balapan yang selama ini memang menjadi pusat mobilitas penumpang.
 
 
 
Operator plat merah itu sudah menetapkan masa Angkutan Lebaran mulai 22 April hingga 13 Mei mendatang. 
 
 
Di Daop 6, sebanyak 23 perjalanan KA keberangkatan plus 19 KA yang melintas bakal meramaikan masa peak season itu.  Kapasitas angkut pun tak lagi dibatasi tapi full hingga 100 persen.***
 

 
 

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X