Forum Digitalk “Sertifikasi Halal Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM”

- Rabu, 13 April 2022 | 14:36 WIB
Forum Digitalk: “Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing” yang dilaksanakan secara hybrid pada Selasa, 12 April 2022 di Kota Semarang. (Foto: Dokumentasi Digitalk)
Forum Digitalk: “Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing” yang dilaksanakan secara hybrid pada Selasa, 12 April 2022 di Kota Semarang. (Foto: Dokumentasi Digitalk)

SEMARANG,suaramerdeka-jakarta.com – Indonesia adalah negara yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia.

Berdasarkan data State of Global Islamic Economy Report, Indonesia menempati peringkat keempat pada tahun 2020-2021 dalam kekuatan ekonomi syariah.

Di sisi lain, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan bisa memenuhi permintaan pasar terhadap produk halal yang terus meningkat.

Salah satu yang penting dilakukan oleh UMKM tentunya adalah mendaftarkan produknya guna memperoleh sertifikat halal, untuk memberikan kepercayaan dan rasa aman kepada konsumen bahwa bahwa produknnya terjamin kehalalannya.

Untuk mengajak dan memotivasi para pelaku UMKM akan pentingnya produk bersertifikat halal, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo menggelar Forum Digitalk: “Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing” yang dilaksanakan secara hybrid pada Selasa, 12 April 2022 di Kota Semarang.

Baca Juga: BRI Sahabat Disablitas, Bantu Penyandang bisa Bersaing di Dunia Kerja

Dalam kesempatan ini, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo RI, Septriana Tangkary mengatakan, saat ini sertifikasi halal produk UMKM menjadi sangat penting utamanya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, sudah sepatutnya Indonesia memiliki jaminan produk halal,” kata Septriana saat berada di Hotel Gumaya, Semarang, Selasa (12/4).

Pada kesempatan yang sama, Kabag Perekonomian dan SDA Kota Semarang, Margarita Mita Dewi mengungkapkan saat ini pembangunan Kota Semarang diprioritaskan pada peningkatan daya saing perekonomian daerah yang berbasis pada potensi ekonomi lokal.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Terkini

SKF 2022 Menggelorakan Perputaran Ekonomi Solo

Senin, 25 Juli 2022 | 17:07 WIB

KemenKopUKM Gencarkan Sosialisasi UU Cipta Kerja

Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:46 WIB

Ritel Tumbuh, Ekonomi Pulih

Kamis, 14 Juli 2022 | 20:31 WIB

LPEI Ajak Generasi Muda Indonesia Jadi Eksportir

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:47 WIB
X