Erajaya Group Catat Rekor Baru, Laba Tembus Rp 1 Triliun

- Senin, 18 April 2022 | 12:47 WIB

JAKARTA jakarta.suaramerdeka.com - PT Erajaya Swasembada, Tbk mencatat kinerja membanggakan di sepanjang 2021. Capaian itu diiringi pula dengan trend pertumbuhan berkelanjutan dengan peningkatan penjualan yang juga menggembirakan.

"Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Erajaya untuk terus meningkatkan kinerjanya. Kami berhasil mencatat rekor laba bersih sebesar Rp 1,1 triliun, atau peningkatan sebesar 65,4 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk, Hasan Aula dalam keterangannya, Senin (18/4/2022).

Laba bersih tahun berjalan itu diatribusikan kepada pemilik entitas induk. Pada tahun 2020, nilainya Rp 612 miliar. Perusahaan yang bergerak dalam distribusi dan perdagangan peralatan telekomunikasi itu juga mencatat penjualan yang positif sebesar Rp 43,5 triliun sepanjang tahun 2021.

Angka itu meningkat 27,4 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa permintaan pasar atas produk handset masih terus diminati. Ini juga terlihat pada pertumbuhan volume penjualan handset dari 10,2 juta handset yang terjual di tahun 2020 meningkat menjadi 11,4 juta handset di 2021.

Baca Juga: Santuni Anak Yatim Saat Ramadhan di Acara MKGR, Airlangga Didoakan Jadi Presiden 2024

“Penerapan registrasi IMEI di tahun 2020 berhasil mengubah lanskap industri handset di Indonesia, terutama dari sisi kestabilan harga dan gross margin, ketersediaan stock di market dan juga kompetisi yang lebih sehat antara pelaku pasar," katanya.

Selain, Erajaya Group juga menilai peningkatan keragaman portofolio produk yang ditawarkan, terutama dari kategori smartphone dan ekosistemnya, mampu meningkatkan margin Perseroan secara keseluruhan, dan berimbas positif ke pertumbuhan gross profit margin dari 10,0 persen di 2020 menjadi 11,1 persen di tahun berikutnya.

Langkah itu diikuti perluasan footprint sekalipun masih di tengah kondisi pandemi dengan penambahan 289 gerai di sepanjang tahun 2021. Hingga 31 Desember tahun lalu, Erajaya telah memiliki gerai ritel sebanyak 1.218 toko dengan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 66.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Baca Juga: Masya Allah, 100.000 Orang Baca 100.000 Juz dalam Event Quranization

Erajaya juga berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan ekspansi bisnis secara menyeluruh. Untuk mendukung strategi diversifikasi portofolio bisnis grup, mereka mengembangkan ekspansi bisnis di luar bisnis utama, seperti ekspansi ke lini bisnis food and beverage, sport lifestyle apparel, healthcare and beauty serta computer and consumer electronics.

Untuk itu, Erajaya telah membentuk empat lini bisnis yakni Erajaya Digital yang fokus pada core business yaitu smartphone beserta computer dan consumer electronics, kemudian Erajaya Active Lifestyle yang menggarap produk IoT (Internet of Things), ekosistem-nya dan produk lifestyle.

Erajaya Food and Nourishment yang bermain di industri food and beverages plus Erajaya Beauty and Wellness dengan fokus produk healthcare dan beauty. “Erajaya kembali menegaskan komitmennya untuk meningkatkan shareholder value dengan berekspansi ke lini bisnis baru. Penambahan lini bisnis baru ini akan didukung oleh asset, infrastruktur dan know-how untuk mendorong dan mencapai skala bisnis yang diharapkan guna menciptakan kinerja yang optimal," katanya.

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X