Sinergi PTPN Group & ID Foods, Distribusi Minyak Goreng dan Gula Konsumsi ke NTT & NTB Gunakan Tol Laut

- Jumat, 29 April 2022 | 06:31 WIB

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Dalam rangka menjaga ketersediaan pangan dan stabilisasi harga pangan, berkerjasama dengan ID FOOD, PTPN Group menyiapkan minyak goreng dan gula konsumsi dengan tujuan wilayah timur Indonesia.

Pengiriman bahan kebutuhan pokok perdana itu menggunakan Kapal Tol Laut Kementerian Perhubungan pada 28 April 2022. Rutenya dari Belawan, Medan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kapal memuat muatan setara 300 ribu liter, yang berisi minyak goreng produksi PT INL dan 800 ton gula produksi PTPN II dari Pelabuhan Belawan,” ujar Direktur Utama (Dirut) Holding Perkebunan Nusantara, Muhammad Abdul Ghani.

Menurut dia, sinergi distribusi antara PTPN Group dan IDI Fooda ini akan menjadi solusi kendala logistik pangan yang disebabkan biaya atau ongkos logistik yang tinggi, sehingga berdampak pada tingginya komoditas pangan di wilayah tertentu.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: MU Ditahan Imbang Chelsea 1-1, Peluang Setan Merah ke 4 Besar Makin Berat

Sebelumnya Holding Perkebunan Nusantara sudah menjalin sinergi dengan ID FOOD untuk mendistribusikan 5.500 metric ton (MT) minyak goreng curah produksi PT INL melalui jalur laut pada Ahad (17/4/2022).

Distribusi tersebut berawal dari proses pemuatan minyak goreng ke kapal tongkang Panen Makmur 22 di Pelabuhan Kuala Tanjung, Medan, Sumatra Utara. Kapal tongkang tersebut kemudian akan sandar di pelabuhan Banten, dan Tanjung Mas Semarang.

Di Banten, akan dilakukan penyaluran minyak goreng curah sebanyak 3.000 MT, sedangkan di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah akan dilakukan pembongkaran minyak goreng curah sejumlah 2.500 MT.

Baca Juga: Menkominfo Ajak Pemudik Patuhi Imbauan Pemerintah

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Dinilai Siap Adaptasi Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:43 WIB

Pemerintah Harus Jaga Daya Beli Masyarakat

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:07 WIB

Pondok Pesantren Didorong Punya Usaha Sendiri

Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:40 WIB
X