KemenkopUKM Siap Gaspol Demi Target Penambahan Sejuta Wirausaha Baru

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:39 WIB
Menteri Teten Masduki
Menteri Teten Masduki

JAKARTA, jakarta.suaramerdeka.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) siap mendukung dalam upaya mewujudkan target penambahan sejuta wirausaha baru hingga dua tahun ke depan.

Langkah itu di antaranya bakal dilakukan melalui Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional yang telah menargetkan penambahan jumlah wirausaha baru sebanyak itu yang bakal dituntakan ada 2024.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki, sejumlah strategi sudah digelindingkan di antaranya dengan membagi kewenangan antara daerah dan kementerian dan lembaga. Mereka diserahi tugas menciptakan wirausaha baru itu.

"Target kami sangat terukur. Kami ingin menaikkan jumlah wirausaha baik dari yang sudah ada atau baru. Total kami ingin menambah 1 juta wirausaha. Daerah sekitar 600 ribu, di bawah kementerian dan lembaga 400 ribu wirausaha,” kata Menteri Teten usai Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional, di Kantor KemenKopUKM, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Sudah Tembus 4,5 Juta Penonton! MD Pictures Umumkan Film KKN di Desa Penari Tayang di Malaysia dan Singapura

Menurut MenKopUKM, semua lembaga dunia memprediksi Indonesia pada tahun 2045 menjadi 4 negara besar ekonomi dunia. Salah satu syaratnya yaitu harus menambah jumlah pengusaha minimal 4 persen.

“Karena di negara maju rasionya sudah mencapai 12-14 persen. Kita siapkan ekosistem diperkuat bagi pengembangan kewirausahaan,” katanya.

Saat ini kata Menteri Teten, pihaknya sedang mengubah pendekatan mulai dari pendampingan terus-menerus, salah satunya lewat pendekatan inkubasi, yang diharapkan terhubung dengan akses pembiayaan dan akses pasar.

Baca Juga: Lukai Hati Rakyat, DPR Didesak Batalkan Anggaran Gorden

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upods Indonesia Luncurkan Produk Terbaru

Minggu, 22 Mei 2022 | 20:53 WIB

Citilink Perkuat Konektivitas di Barat Indonesia

Minggu, 22 Mei 2022 | 10:43 WIB

Len Garap Sistem Persinyalan Kereta di Filipina

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:27 WIB
X