Webinar Swa Media Group 2 : Bahas Isu Global Terkait Sistem Transaksi Keuangan Elektronik

- Rabu, 29 Juni 2022 | 14:54 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-

Dalam sesi paparannya, Andiwiana menjelaskan Bank Indonesia sudah menyiapkan sejumlah regulasi pendukung sistem transaksi keuangan elektronik.

Melalui sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan terkait, penyediaan infrastruktur dan perubahan perilaku menuju ekosistem digital.

BI saat ini sudah siap untuk memfasilitasi transaksi keuangan elektronik untuk semua model bisnis. Kedua, BI juga telah menyiapkan regulasi dan kebijakan yang mendukung. Ketiga, Optimalisasi sumber daya lokal. Keempat edukasi dan monitoring.

Baca Juga: Dukung Pembayaran Digital, Xendit dan SWA Media Group Gelar Konferensi Seputar Solusi Pembayaran Terintegrasi

Strategi elektronifikasi transaksi keuangan BI telah mencakup 4 bidang penting: (1). Elektronifikasi bantuan sosial, (2). Elektronifikasi Transaksi Pemerintah, (3). Elektronifikasi transportasi dan tol. (4).

Elektronifikasi ritel lainnya. Kedepan pemerintah sedang siapkan untuk bidang kesehatan, pariwisata serta bidang layanan masyarakat lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Roy Sembel juga menyampaikan “Salah satu isu global yang menjadi perhatian dunia selain isu-isu lingkungan hidup, adalah isu digital inequality. Jadi dengan adanya digital payment system itu akan bisa mengurangi digital inequality.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional Momentum Pengentasan Stunting

Saat ini dengan terjadinya perang rusia Ukraina dampaknya ke GDP dan inflasi negara-negara di dunia sangat terasa, untuk itu efisiensi makin dibutuhkan salah satunya dengan digitalisasi termasuk digitalisasi sistem pembayaran.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Transaksi Perdagangan Digital Tumbuh Lebih 50 Persen

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:22 WIB

LPDB-KUMKM bantu Pengembangan Usaha untuk Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:08 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Untuk 5 Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Perkuat Ekosistem Cashless, BNI Gandeng Indomaret

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:51 WIB

Rayakan Kemerdekaan, MR.DIY Buka Toko ke-400

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:57 WIB
X