Kiat Sukses Menarik Minat Konsumen bagi UMKM Lokal dari Dosen UI dan Brand Sepatu Lokal Ternama PVRA

- Rabu, 29 Juni 2022 | 15:11 WIB
Ilustrasi Kiat Sukses Menarik Minat Konsumen bagi UMKM Lokal dari Dosen Universitas Indonesia dan Brand Sepatu Lokal Ternama PVRA (dok ShopeePay)
Ilustrasi Kiat Sukses Menarik Minat Konsumen bagi UMKM Lokal dari Dosen Universitas Indonesia dan Brand Sepatu Lokal Ternama PVRA (dok ShopeePay)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Bagi banyak pelaku UMKM, khususnya yang baru merintis bisnis di era digital saat ini, strategi menarik minat konsumen adalah kunci untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis yang dijalankan, termasuk di platform e-commerce. Salah satunya adalah menyediakan metode pembayaran yang mudah dan terpercaya bagi konsumen dalam bertransaksi. Berdasarkan Laporan Statistik E-Commerce 2021 yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), transfer bank adalah salah satu metode pembayaran yang paling sering digunakan oleh pelaku e-commerce atau bisnis digital.

Menanggapi hal ini, ShopeePay menggandeng Hilda Fachrizah, S.E., M.M., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia dan Kara Nugroho, Co-Founder & Creative Director PVRA, brand sepatu lokal ternama di Indonesia, untuk membagikan beberapa tips efektif bagi para pelaku bisnis untuk menarik minat konsumen.

Memilih Metode Pembayaran yang Efektif dan Menguntungkan bagi Konsumen

Hilda Fachrizah, SE., MM., dosen Perilaku Ekonomi dan Riset Terapan di FEB UI mengajak para pelaku bisnis untuk cermat memanfaatkan metode pembayaran yang efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka, serta pentingnya aktif mengedukasi pelanggan tentang manfaat berbagai layanan untuk meningkatkan produktivitas mereka, salah satunya melalui layanan Transfer Ke Mana Pun dari ShopeePay, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer saldo ShopeePay ke mana pun secara real time atau langsung sampai, tanpa biaya admin dan tanpa kuota harian.

Hilda mengatakan, “Agar dapat terus berkembang dan memastikan keberlangsungan bisnis, pelaku UMKM membutuhkan berbagai dukungan dari banyak pihak. Mengingat pelaku UMKM yang beroperasi di ranah digital cenderung masih mengandalkan transfer bank untuk melakukan transaksi dengan pelanggan mereka, dibutuhkan sarana atau layanan yang mudah, terpercaya, dan dapat mendorong minat pelanggan untuk bertransaksi,yang pada akhirnya akan meningkatkan transaksi pelanggan dan membawa keuntungan bagi pelaku UMKM.”

Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam mendukung UMKM lokal semakin bertumbuh dan berdaya di era digital sekaligus untuk menghadirkan kenyamanan dan keuntungan bagi konsumen dalam bertransaksi, ShopeePay menawarkan fitur dan layanan Transfer Ke Mana Pun, yaitu layanan transfer langsung sampai bagi sesama pengguna ShopeePay dan ke rekening bank dengan keuntungan bebas biaya admin dan tanpa batas kuota transfer setiap harinya. Hadirnya layanan ini diharapkan dapat memudahkan konsumen dalam bertransaksi, sehingga mendorong perkembangan bisnis UMKM lokal di Indonesia.

“Dengan adanya fitur ShopeePay yang dapat memudahkan transaksi pelanggan, pelaku UMKM dapat dengan cermat mengedukasi pelanggan untuk memanfaatkan metode yang paling menguntungkan bagi kedua pihak. Kini, pelaku UMKM tidak perlu membuka rekening dari berbagai bank guna menyediakan opsi pembayaran melalui transfer bank tanpa biaya admin. Fitur ini dapat mendorong geliat pertumbuhan UMKM di Indonesia, maka harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM,” jelas Hilda.

3 Strategi untuk Menarik Minat Konsumen bagi Pelaku UMKM

Sementara itu, dari sudut pandang praktisi sekaligus pebisnis, Kara Nugroho, Co-Founder & Creative Director PVRA, membagikan tiga strategi utama bagi pelaku UMKM dalam menarik minat konsumen dan mengembangkan bisnis mereka.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Transaksi Perdagangan Digital Tumbuh Lebih 50 Persen

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:22 WIB

LPDB-KUMKM bantu Pengembangan Usaha untuk Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:08 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Untuk 5 Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Perkuat Ekosistem Cashless, BNI Gandeng Indomaret

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:51 WIB

Rayakan Kemerdekaan, MR.DIY Buka Toko ke-400

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:57 WIB
X