ANTAM Tegaskan Melanjutkan Upaya Hukum Terkait Budi Said

- Jumat, 8 Juli 2022 | 10:23 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - ANTAM secara tegas mengatakan bahwa upaya hukum terkait perkara gugatan Budi Said terhadap ANTAM akan berlanjut. Namun, apa saja upaya hukum tersebut, belum bisa dipastikan karena ANTAM belum menerima salinan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA).

“Karena itu, kami belum dapat memberikan tanggapan lengkap atas putusan dimaksud,” kata Harry Ponto, kuasa hukum PT ANTAM Tbk dalam perkara gugatan Budi Said terhadap ANTAM di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

PN Surabaya dalam putusannya tanggal 13 Januari 2021 mengabulkan sebagian gugatan Budi Said di mana ANTAM antara lain dihukum untuk membayar ganti rugi materiil sebesar Rp 817 miliar atau ANTAM menyerahkan emas kepada Budi Said seberat 1.136kg.

Baca Juga: Ironi Lagu Paling Viral 'Sikok Bagi Duo' Liriknya Dianggap BNN Meresahkan, Penyanyinya Minta Maaf

Selain itu, ANTAM juga dihukum untuk membayar ganti rugi immateriil sebesar Rp 500 miliar. Sementara itu, Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya dalam putusannya tanggal 19 Agustus 2021 membatalkan Putusan PN Surabaya dan menolak seluruh gugatan Budi Said. MA sendiri dalam laman web-nya menyebutkan bahwa kasasi Budi Said “Kabul”.

Harry Ponto menambahkan, bahwa sekalipun laman web MA menyebutkan “Kabul”, namun belum jelas apa yang dikabulkan oleh MA. “Jika MA ternyata mengikuti putusan PN Surabaya, ANTAM tentu menyesalkan putusan tersebut,” tegas Harry Ponto.

Menurutnya, ANTAM menghormati putusan MA. Namun, jika MA mengikuti putusan PN Surabaya, hal tersebut sangat tidak masuk akal. Jumlah emas yang diterima oleh Budi Said adalah sesuai dengan harga yang berlaku pada saat pembelian, periode Maret-Desember 2018.

Baca Juga: Demokrasi Dalam Ancaman Oligarki

“Jika Budi Said percaya pada Eksi Anggraeni, perantara dan kuasa Budi Said, tentang adanya diskon dalam pembelian emas di ANTAM, itu sepenuhnya merupakan risiko Budi Said yang kurang berhati-hati dalam melakukan pembelian emas.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X