Mau Bangun Rumah Murah Impian? Perhatikan Hal-Hal Ini

- Jumat, 22 Juli 2022 | 00:30 WIB
Denah pembangunan rumah. (Ilustrasi : pixabay)
Denah pembangunan rumah. (Ilustrasi : pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com – Home sweet home, Rumahku Istanaku. Itulah contoh kutipan yang menjelaskan bahwa rumah seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk dihuni. Membangun sebuah rumah impian tentu sesuatu yang selalu diinginkan setiap orang.

Bahkan, untuk mewujudkannya, kita tentu ingin mendesain semuanya sendiri, mulai dari ruang tidur, dapur, taman di belakang rumah, hingga desain interior. Sayangnya, membangun rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mempersiapkannya matang-matang, mulai dari desain hingga pemilihan bahannya.

Hal-hal detail tersebut tentu bisa menghindarkan Anda mengeluarkan biaya yang terlalu berlebihan. Selain itu, agar Anda tidak kecewa dengan hasil bangunan yang sudah jadi. Nah, Project Manager 888 Living, Arcadius memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun sebuah rumah impian.

1. Buat konsep rencana bangunan
Merencanakan pembangunan merupakan hal pertama yang harus Anda siapkan. Mulai dari biaya, ukuran bangunan, bentuk bangunan, sampai tipe bangunan. Hal itu berguna agar rumah idaman tidak melenceng dari rencana. Selain itu, Anda perlu mencermati target waktu pembangunan. Jika tidak direncanakan bakal membuat Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Pasalnya, bertambahnya biaya operasional dari tukang bangunan yang Anda gunakan. Oleh sebab itu rencanakan pembangunan rumah Anda dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: Hetzer Medical (MEDS), Produsen Masker Terbesar di Asia Siap IPO Pada 10 Agustus 2022

2. Desain rumah
Setelah membuat rencana, saatnya memilih desain rumah yang menurut Anda menjadi impian. Mulai dari desain arsitektur modern, kontemporer, kolonial, art deco, atau tradisional, tetap usahakan jika rumah tersebut berfungsi secara optimal di tiap sisinya agar tidak sia-sia pada akhirnya. Dan, rumah dengan gaya simpel sangat mudah dalam perawatannya.

3. Pilih bahan bangunan berkualitas
Terkadang Anda dibuat bingung saat memilih bahan bangunan. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada budget. Tetapi ada juga seseorang yang ingin menggunakan bahan bangunan berkualitas dengan harga murah. Tentu hal itu wajar.

Mungkin dalam hal ini kita harus kembali mengingat bahwa belum tentu semua yang mahal itu berkualitas, tapi yang pasti bahan bangunan berkualitas tidak murah. Namun, tidak murah bukan berarti mahal loh.

Beberapa hal yang perlu diingat, rumah adalah struktur permanen untuk menjadi naungan hidup, bekerja, istirahat dan mungkin yang paling penting, membina keluarga. Dibuat untuk memberikan rasa aman dan tentram.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X