Digitalk : Dekranas Dorong Percepatan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra

- Rabu, 27 Juli 2022 | 18:31 WIB

MEDAN,suaramerdeka-jakarta.com – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) sebagai mitra pemerintah terus berupaya mendorong pelaku usaha UMKM dalam peningkatan produk kerajinan berbasis kearifan lokal yang berdaya saing sehingga bisa menembus pasar global.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bidang Promosi dan Humas Dekranas, Maria Anna Plate dalam acara Webinar Digitalk dengan tema “Bersama Dekranas, Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui UMKM Kreatif Wastra”, di Medan 20 Juli 2022. 

Anna Plate mengatakan, pesona kain wastra nusantara yang memiliki makna dan cerita pada setiap lembarnya menginspirasi para desainer untuk mengaplikasikannya dalam rancangan busana mereka.

Baca Juga: Lindungi UMKM Sumsel Dari Kondisi Ekonomi Global, Begini Solusi Ketua HIPMI

Contohnya Ulos Toba sebagai salah satu wastra Nusantara dan karya terbaik provinsi Sumatera Utara. Selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021 serta pengembangan lima destinasi wisata super prioritas dalam mendukung ekonomi kreatif, 

Ulos memiliki kekuatan sendiri yang bisa dipromosikan sebagai salah satu daya tarik kreatif. Makna kain ulos pun kini telah berkembang luas menjadi sumber perekonomian masyarakat Batak Toba.

“Kita juga mendorong perluasan akses pasar bagi produk kerajinan Indonesia secara digital, peningkatan hubungan kemitraan serta kerja sama dengan lembaga nasional dan internasional dalam bidang industri  kerajinan, serta mendorong masyarakat Indonesia untuk mencintai produk asli daerah," tegas Anna Plate. 

Baca Juga: BRI Liga 1: Madura United Enggan Terlena di Kandang Persib

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digitalisasi Dorong Kaum Muda Minati Investasi

Senin, 3 Oktober 2022 | 20:16 WIB

Energi Terbarukan Tingkatkan Nilai Kompetitif

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:38 WIB

Ketika Kopi Bersemi di Cibulao

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:35 WIB

Bank Muamalat Biayai Proyek Bus Listrik PT INKA

Senin, 3 Oktober 2022 | 03:52 WIB

Importir Kedelai Amerika akan Terima Sertifikat SSAP

Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:42 WIB
X