Jaga Daya Beli Masyarakat untuk Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 12:44 WIB
Head of Center Innovation and Digital Ekonomi INDEF Nailul Huda. (Saktia Andri Susilo)
Head of Center Innovation and Digital Ekonomi INDEF Nailul Huda. (Saktia Andri Susilo)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di kuartal II-2022 sebesar 5,44 persen secara tahunan (year on year/yoy), dinilai lebih disebabkan oleh konsumsi masyarakat. Pada kuartal II, ada beberapa momen yang memicu naiknya konsumsi masyarakat.

"Kalau kita lihat sebenarnya yang naik cukup tinggi adalah konsumsi masyarakat. Ini naik sekitar 5,51 persen," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda di Jakarta, Sabtu (6/8).

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II sebesar 5,44 persen. Pertumbuhan ini diperkirakan masih akan berlanjut di kuartal III dan IV, sehingga Indonesia bisa mencapai target pertumbuhan 5,2 persen di 2022.

"Jadi yang kuartal dua ini sangat tertolong dengan konsumsi masyarakat. Ada momen Ramadan, Idulfitri, serta persiapan ajaran baru," ujarnya.

Sehingga, terlihat pertumbuhan konsumsi masyarakat naik tajam sekali. Dimana konsumsi masyarakat menyumbang 50 persen dalam PDB.

"Hal itu menjadi faktor utama pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,44 persen pada kuartal II. Meski demikian, diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III tidak akan seimpresif kuartal II," tandasnya.

Momen
Hal itu disebabkan tidak ada momen yang mendorong konsumsi masyarakat. Dimana pada kuartal III tidak ada momen untuk tumbuh lebih cepat.

"Jadi kita akan menyaksikan pertumbuhan ekonomi akan melambat di kuartal III. Pada kuartal IV, pertumbuhan ekonomi bisa ditingkatkan lagi. Dengan catatan, inflasi bisa ditekan serendah mungkin," tegasnya.

Menurutnya, kenaikan harga komoditas dalam negeri akan memicu inflasi. Karena menekan daya beli masyarakat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Transaksi Perdagangan Digital Tumbuh Lebih 50 Persen

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:22 WIB

LPDB-KUMKM bantu Pengembangan Usaha untuk Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:08 WIB

LPDB-KUMKM Salurkan Dana Bergulir Untuk 5 Koperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Perkuat Ekosistem Cashless, BNI Gandeng Indomaret

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 11:51 WIB

Rayakan Kemerdekaan, MR.DIY Buka Toko ke-400

Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:57 WIB
X