Pondok Pesantren Didorong Punya Usaha Sendiri

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 13:40 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Haul Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat.  (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Haul Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat. (Biro KLIP Kemenko Perekonomian)

CIREBON, suaramerdeka-jakarta.com - Pondok pesantren didorong untuk mendirikan usaha sendiri. Terlebih, ponpes berperan penting dalam mendorong tumbuhnya kemandirian ekonomi.

"Khususnya bagi lingkungan ponpes itu sendiri dan juga sebagai penggerak ekonomi masyarakat di sekitarnya," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Haul Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren, Cirebon, Sabtu (6/8) malam.

Menurutnya, keberadaan ponpes selain memberikan pendidikan keislaman, juga harus mampu menjadi institusi yang mampu memberdayakan masyarakat. Yakni agar semakin mandiri ekonominya.

"Apalagi, ponpes adalah institusi yang berada di tengah-tengah masyarakat Islam mengajarkan kita untuk menjadi manusia mandiri, bekerja keras dan memanfaatkan alam yang dianugerahkan kepada manusia untuk kemaslahatan," ujarnya.

Mengacu pada sejarah Nabi Muhammad SAW yang merupakan panutan, kata dia, sudah memberikan contoh. Yakni pada usia mudanya telah menjadi seorang wirausahawan.

Airlangga lalu menuturkan salah satu ponpes di Jawa Barat, telah dibantu oleh pemerintah. Yakni untuk mendirikan pabrik sandal jepit.

"Santrinya ada 20 ribu orang. Jumlah santri yang mencapai puluhan ribu, menjadikan kebutuhan sandal jepit di pesantren juga tinggi," tandasnya.

Menopang
Sehingga, pendirian pabrik sandal jepit sangat tepat. Selain untuk menghindari pencurian sandal jepit, pabrik juga bisa menjadi salah satu usaha untuk menopang ekonomi pondok pesantren.

"Kalau produksinya besar dan jumlahnya juga berlebih, bisa-bisa sandal jepit tersebut kita ekspor," tegas Ketua Umum Golkar tersebut dan disambut meriah ribuan warga yang memadati halaman di dekat masjid utama Pondok Buntet Pesantren.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Industri Dalam Negeri Hadapi Tantangan Baru

Jumat, 23 September 2022 | 19:51 WIB

Kolaborasi Antar Lembaga Transportasi Mendukung LRT

Jumat, 23 September 2022 | 16:03 WIB
X