Sambut Hari UMKM Nasional, Lazada Perkuat Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekosistem Ekonomi Digital di Jawa Timur

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 15:25 WIB
Gerakan AKAR Digital Indonesia Jawa Timur
Gerakan AKAR Digital Indonesia Jawa Timur

SIDOARJO, suaramerdeka-jakarta.com – Sebagai salah satu platform eCommerce terdepan di Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) terus berupaya mendorong pertumbuhan ekosistem ekonomi digital Indonesia, termasuk di Jawa Timur. Dengan potensi perekonomian digital yang besar, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi paling strategis dalam upaya Lazada memberdayakan talenta yang ada di ekosistem ekonomi digital melalui Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia. Salah satu upayanya diwujudkan Lazada melalui pelaksanaan pelatihan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, pada hari Selasa, 9 Agustus 2022.  

Gerakan AKAR Digital Indonesia adalah inisiatif pemberdayaan menyeluruh yang bertujuan untuk memberdayakan seluruh talenta yang ada di ekosistem Lazada, termasuk para penjual UMKM, pelanggan eCommerce, serta pekerja logistik dan mitra kurir (frontliner). Sejak diluncurkan tahun lalu melalui kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Gerakan AKAR Digital Indonesia telah diperkenalkan di Jawa Barat dan Jawa Timur, dan dalam waktu dekat akan diperkenalkan di Jawa Tengah. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak sebelumnya juga telah mengunjungi gudang Lazada di Sidoarjo, Jawa Timur dan menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Timur.  

Dalam sesi bincang-bincang media bersama Lazada dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur jelang hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus mendatang, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur, Dr. Andromeda Qomariah, M.M. mengatakan bahwa Jawa Timur menyimpan potensi perekonomian digital yang sangat besar. Sektor usaha di Jawa Timur memang didominasi oleh UMKM. Berdasarkan sensus ekonomi dan sensus pertanian, total terdapat 9,78 juta UMKM di Jawa Timur, baik di sektor pertanian maupun non pertanian. Dilihat dari aspek tenaga kerja, berdasarkan data BPS, sebanyak 62 persen tenaga kerja bergerak di sektor informal.

Baca Juga: LPSK: Sulit Beri Keterangan, Istri Ferdy Sambo Terancam Tidak Dapat Perlindungan

"Meski demikian, kami memahami bahwa sebagian besar UMKM di Jawa Timur masih membutuhkan bimbingan untuk bisa menjadikan platform digital sebagai pendukung pertumbuhan bisnis mereka. Oleh karena itu, kami menyambut baik program dan inisiatif dari Lazada untuk membantu UMKM berdigitalisasi melalui Gerakan AKAR Digital untuk Jawa Timur ini.” katanya.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, kontribusi Koperasi dan UKM terhadap perekonomian Jawa Timur mencapai 57,81% di tahun 2021, menunjukkan bagaimana UMKM berperan sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian Jawa Timur. Gerakan AKAR Digital diharapkan dapat menjadi akselerator kontribusi UMKM terhadap ekonomi Jawa Timur. 

“Jawa Timur memang daerah yang memiliki potensi pertumbuhan perekonomian digital,  oleh sebab itu Lazada menjadikan Jawa Timur sebagai tujuan strategis program pemberdayaan ekosistem di Lazada melalui Gerakan AKAR Digital Indonesia. Data kami di tahun 2021 menunjukkan pertumbuhan jumlah penjual aktif dari Jawa Timur di Lazada bertumbuh hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan bila dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penjual di Lazada secara nasional, jumlah penjual dari Jawa Timur di Lazada bertumbuh 1,5x lebih cepat," kata Haikal Bekti Anggoro, SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia. 

Pertumbuhan jumlah penjual di Jawa Timur sendiri lebih cepat daripada pertumbuhan jumlah pesanan dari pelanggan di Jawa Timur, sehingga nampak tingginya minat UMKM di Jawa Timur untuk berjualan secara digital.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku UMKM Sukabumi Difasilitasi untuk Dapatkan NIB

Minggu, 18 September 2022 | 18:36 WIB
X