Indonesia Dinilai Siap Adaptasi Kendaraan Listrik

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:43 WIB
PLN telah mengoperasikan SPKLU untuk kendaraan listrik. (foto: dok PLN)
PLN telah mengoperasikan SPKLU untuk kendaraan listrik. (foto: dok PLN)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia dinilai cukup siap untuk mengadaptasi gaya hidup kendaraan listrik. Namun, kendala ada pada infrastruktur dan juga harga kendaraannya.

"Salah satu kendala kendaraan listrik terkait infrastruktur, bagaimana PLN bisa meningkatkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Sehingga masyarakat bisa lebih mudah untuk melakukan pengisian," kata Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan di Jakarta, Rabu (10/8).

Menurutnya, langkah yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto strategis. Khususnya dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Apa yang dilakukan Pak Airlangga adalah langkah yang bagus. Saya mengapresiasi apa yang dilakukannya," ujarnya.

Dia berharap bisa memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan KTT G20. Termasuk dalam perkembangan ekosistem mobil listrik di Indonesia.

Seperti diketahui, Airlangga banyak bertemu dengan pejabat produsen otomotif. Baik dalam kunjungannya ke Jepang beberapa waktu lalu maupun di Jakarta.

Termasuk mendorong industri kendaraan listrik, yaitu ikut dalam peluncuran mobil listrik asal pabrikan. Selain itu, Airlangga juga menginisiasi penggunaan mobil listrik untuk delegasi G20 yang didatangkan dari Jepang.

Ramah Lingkungan
Mamit menambahkan, tren otomotif global kini bergerak ke arah kendaraan ramah lingkungan. Hal itu sesuai dengan target Indonesia mencapai net zero emission (NZE) atau netral karbon pada tahun 2060.

“Kita tahu, tren global ke depan sudah menuju kepada EV, baik itu mobil listrik maupun lainnya. Ini salah satu upaya kita mengurangi emisi gas rumah kaca, sesuai dengan komitmen penurunan emisi karbon 29 persen pada 2030 dan bahkan kita punya target zero emission di 2060," tandasnya.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Industri Dalam Negeri Hadapi Tantangan Baru

Jumat, 23 September 2022 | 19:51 WIB

Kolaborasi Antar Lembaga Transportasi Mendukung LRT

Jumat, 23 September 2022 | 16:03 WIB
X