Kendalikan Inflasi, Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga dan Rantai Pasok

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:19 WIB
Kenaikan harga makanan dan energi dapat membuat inflasi ikut bergerak naik. (Foto: Freepik/Freepik)
Kenaikan harga makanan dan energi dapat membuat inflasi ikut bergerak naik. (Foto: Freepik/Freepik)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Pemerintah perlu memastikan kesediaan barang dan memperhatikan efek psikologis masyarakat. Hal itu menjadi kunci agar harga terkendali dan menghindari inflasi yang lebih tinggi.

"Usaha riil yang perlu dilakukan misalnya adalah operasi pasar. Kemudian, bagaimana cara agar suplai pangan dan energi tetap ada," kata ekonom INDEF Eka Puspitawati di Jakarta, Kamis (11/8).

Seperti diketahui, kenaikan harga makanan dan energi turut menggerek inflasi bergerak naik. Bahkan sampai kisaran yang anomali bagi inflasi pangan.

"Tugas pemerintah untuk mengendalikan harga dan menurunkan inflasi sampai ke ambang batas wajar. Untuk menghindari inflasi yang lebih tinggi, maka pemerintah harus bisa menenangkan psikologi masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, ada expected inflation atau inflasi yang didorong dari ekspektasi berlebihan atau merasa ketakutan. Jika terjadi ketakutan di masyarakat, maka harga akan lebih cepat naik.

"Namun, ketakutan ini lebih banyak dirasakan oleh pihak swasta. Konsumsi masyarakat secara umum lebih banyak dipenuhi dalam negeri," tandasnya.

Imbas
Dimana barang impor terdistruksi besar-besaran atas goncangan internasional. Sementara pada masyarakat belum banyak terkena imbas, asal tidak di blow up.

"Kalau pengusaha khawatir, pengaruhnya ke masyarakat. Dalam beberapa bulan ke depan, sejumlah pengusaha pasti kesulitan mendapat bahan baku akibat adanya pembatasan impor," tegasnya.

Hal itu akan berdampak pada bisnis mereka. Meski begitu, Eka percaya inflasi secara keseluruhan masih akan tetap terkendali karena pergerakan masyarakat.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X