Ulasan Pasar Saham SEEKING ALPHA – AGUSTUS 2022

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:09 WIB

Samuel Kesuma, CFA – Senior Portfolio Manager, Equity

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

 

Di tengah siklus kenaikan suku bunga The Fed dan kekhawatiran resesi ekonomi, pasar saham global mencatat penguatan di bulan Juli. Apa pendorong kinerja pasar?

 

Sentimen pasar didukung oleh ekspektasi bahwa The Fed sudah mendekati puncak dari siklus kenaikan suku bunganya dan akan mulai beranjak lebih dovish di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi. Sentimen pasar juga tertopang oleh laporan keuangan emiten AS kuartal dua yang lebih baik dari ekspektasi, terutama karena ekspektasi pasar terhadap kinerja emiten sudah sangat rendah di tengah kondisi inflasi tinggi yang dapat menggerus marjin laba.

Baca Juga: Diajak Ngobrol Presiden Jokowi di Istana, Kapten Timnas U-16: Tak Bisa Diungkapkan dengan Kata-kata

Selain itu dari perspektif valuasi, pasar saham AS sudah turun ke level yang atraktif di bulan Juli, di mana rasio P/E sudah turun ke -1 standard deviasi di bawah rata-rata lima tahun, memberikan entry point menarik bagi investor yang menilai kalau seluruh berita negatif terkait melemahnya pertumbuhan ekonomi, inflasi tinggi, dan kenaikan suku bunga yang agresif sudah diperhitungkan oleh pasar saat ini.

 

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KTT G20 Beri Manfaat, Transaksi Valas Naik Hingga 40%

Kamis, 3 November 2022 | 14:14 WIB
X