Pandemi Tingkatkan Permintaan Layanan Logistik yang Terpercaya

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:11 WIB
 (SM/Dok)
(SM/Dok)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Deutsche Post DHL Group, perusahaan logistik terkemuka di dunia, melihat bisnis yang tengah menguat di Indonesia pada masa pandemi, merencanakan pertumbuhan dan investasi lebih lanjut di bumi nusantara.

"Masa pandemi ini memperjelas bahwa logistik sangat penting. Lebih dari sebelumnya," ujar CEO Deutsche Post DHL, Frank Appel di Jakarta pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Dengan situasi yang mudah bergejolak serta lingkungan yang semakin kompleks, lanjut Frank, pelanggan beralih pada mitra logistik yang andal dengan rekam jejak internasional, infrastruktur yang mapan, serta kepiawaian di bidang ini.

"Kami telah menginvestasikan sekitar 140 juta Euro di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun hingga saat ini. Di Indonesia, dengan tenaga kerja andal yang memiliki solusi inovatif untuk pasar, kami memiliki bisnis yang kokoh serta tangguh, siap akan pertumbuhan lebih besar," tuturnya.

Pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1973, Deutsche Post DHL Group mengoperasikan tiga divisi bisnis di Indonesia yang secara kolektif menawarkan layanan rantai pasokan end-to-end.

DHL Express adalah penyedia layanan ekspres terkemuka, DHL Global Forwarding, spesialis angkutan udara dan laut, serta DHL Supply Chain, spesialis kontrak logistik dalam Grup.

Bersama-sama, bisnis DHL mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan, mengoperasikan gudang seluas 525.000 meter persegi, serta beroperasi dengan 120 penerbangan setiap harinya, menghubungkan bisnis di Indonesia melalui jaringan global DHL yang mencakup 220 negara dan teritori.

Frank menjelaskan pandemi mempengaruhi peningkatan permintaan layanan logistik. Di DHL Global Forwarding Indonesia, tenaga kerja kami meningkat sebesar 10 persen sejak tahun 2021.

"Jaringan kami terpilih untuk digunakan dalam pengiriman vaksin Covid-19. Kami mengantarkan vaksin ke 24 lokasi di Indonesia, menangani importasi melalui penerbangan komersial, dan chartered flights," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur, DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong mengatakan bahwa vaksin tersebut harus ditangani dengan kontrol suhu yang sangat ketat dan jaminan kualitas.

"Baru-baru ini DHL juga bertanggung jawab atas penanganan logistik Formula E pertama di Indonesia. Kami menyediakan layanan logistik end-to-end multi-modal termasuk layanan bernilai tambah, seperti proses customs clearance, pemeriksaan fisik dan angkutan darat, menggunakan peralatan canggih untuk melakukannya," kata Vincent.

Secara global, sejak Januari 2021, DHL Global Forwarding telah menetralisir emisi karbon dari semua pengiriman angkutan laut denganLess-than-container load (LCL) menggunakan bahan bakar laut yang berkelanjutan, termasuk pengiriman angkutan laut menuju dan dari Indonesia.

Hal ini telah dilakukan tanpa adanya biaya tambahan kepada pelanggan, mendukung tujuan emisi karbon mereka melalui layanan LCL GoGreen Plus dengan total 370.600 pengiriman sejak program dimulai.

Bisnis ini juga telah menandatangani perjanjian dengan Hapag-Lloyd, perusahaan pelayaran kapal terkemuka di dunia, untuk penggunaan biofuel tingkat lanjut.

Sebagai langkah awal, Hapag-Lloyd akan mengirimkan 18.000 TEU volume DHL menggunakan biofuel canggih, yang menunjukkan skalabilitas solusi transportasi berkelanjutan dan relevansi bahan bakar berkelanjutan di pasar saat ini.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X