HIPMI Fokus Naikan Kelas Pengusaha Daerah di Jawa Tengah

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:41 WIB
Roadshow HIPMI (Dok: HIPMI)
Roadshow HIPMI (Dok: HIPMI)

SEMARANG, suaramerdeka-jakarta.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan menuturkan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus terus didukung untuk segera naik kelas. Pesan ini diterjemahkan oleh HIPMI melalui program roadshow peluang bisnis yang diadakan di Jawa Tengah.

Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan BPP HIPMI, Anggawira menyebutkan pendampingan usaha dan sosialisasi peluang usaha jadi senjata utama untuk menaikkan kelas UMKM.

“Dunia saat ini berkembang sangat cepat sekali, begitu juga dengan dunia usaha yang terus berubah mengikuti zaman, saat ini mungkin yang ngetrend adalah industri digital dan juga energi terbarukan, tapi mungkin beberapa tahun lagi trend usaha akan berubah kembali, kita harus kuatkan UMKM agar semakin adaptif,” terang Anggawira di  Semarang.

Baca Juga: Kemenkominfo Bangun Kesadaran Jualan Online di Indonesia Timur Lewat Talkhsow

Anggawira menyebutkan penduduk dunia pada 2045 akan didominasi kelas pendapatan menengah (middle income class) yang diperkirakan mencapai 8,1 miliar jiwa. Kelompok inilah memiliki daya beli cukup kuat, dan menjadi segmen pasar yang potensial.

“Hari ini kami dari BPP membawa peluang-peluang bisnis agar kita bisa sama-sama naik kelas, HIPMI juga perlu adaptif untuk membaca pasar usaha sehingga gagasan-gagasan dan programnya akan tepat guna,” terang Anggawira yang juga merupakan Komisaris Utama JSK Gas, perusahaan di bidang kapal LNG.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Tengah, W. Rudy Prasetiyo mendukung langkah yang dilakukan BPP HIPMI untuk menyambangi daerah-daerah, menurutnya kegiatan forum bisnis adalah langkah positif untuk mendorong semangat pengusaha di daerah.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Wajah Kepolisian Kita

“Guna menaikkan kelas UMKM memang dibutuhkan langkah jemput bola seperti ini, kalau peluang bisnis hanya berputar di pusat saja kita yang di daerah tentu akan sulit mendapatkan informasi,” kata Rudy.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Sumber: Pers Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Grand Opening Depo Bangunan Ke 12 Kota Medan

Minggu, 13 November 2022 | 17:02 WIB

KB Bukopin Serahkan 4 Unit Mobil Listrik ke Nasabah

Jumat, 11 November 2022 | 17:14 WIB

Akbar Djohan Raih Penghargaan BILA 2022

Rabu, 9 November 2022 | 12:55 WIB

Industri Properti Menunjukkan Tren Positif.

Selasa, 8 November 2022 | 11:47 WIB
X