Perlu Ada Bilateral Investment Treaty Antara RI dan Timor Leste

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:26 WIB
Ketua DPR Puan Maharani bertukar cendera mata dengan Ketua Parlemen Republik Timor Leste Aniceto Guterres Lopes. (Biro Pemberitaan DPR RI.)
Ketua DPR Puan Maharani bertukar cendera mata dengan Ketua Parlemen Republik Timor Leste Aniceto Guterres Lopes. (Biro Pemberitaan DPR RI.)

JAKARTA, suaramerdeka-jakarta.com - Indonesia dan Timor Leste diminta untuk segera membentuk Bilateral Invesment Treaty. Sehingga tercipta iklim investasi yang lebih kondusif antara kedua negara.

"Selain itu mendorong lebih banyak lagi investasi Indonesia ke Timor Leste," kata Ketua DPR Puan Maharani di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8).

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan bilateral Ketua Parlemen Republik Timor Leste Aniceto Guterres Lopes. Menurutnya, usulan adanya perjanjian bilateral di bidang investasi tersebut diawali dengan data yang disampaikan Puan.

"Dimana nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai 818 juta dolar AS. Terutama di sektor perbankan, migas dan telekomunikasi," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi kepercayaan Timor Leste terhadap perusahaan Indonesia. Yakni untuk kerja sama investasi dan infrastruktur di Timor Leste.

"Selain perjanjian investasi, saya juga mendorong kerjasama antarkomunitas bisnis kedua negara. Khususnya yang turut mengalami dampak pandemi Covid-19," tandasnya.

Hal ini mengingat badan usaha yang dimiliki pengusaha WNI di Timor Leste menurun akibat pandemi. Untuk itu, kemudahan perdagangan harus dilakukan bersama.

"Termasuk dengan mendorong misi bisnis dan promosi antarkedua negara. Selain itu juga mendorong kemudahan perdagangan di perbatasan," tegasnya.

Selain bidang ekonomi, Puan juga membahas sejumlah hal dalam topik kerjasama regional dan kerjasama antarparlemen. Untuk diketahui, DPR RI dan Parlemen Timor Leste selama ini telah berinteraksi dalam sejumlah forum parlemen.

Halaman:

Editor: Arif Muhammad Iqbal

Tags

Terkini

Bukalapak Gelar Digital Acceleration Summit 2023

Jumat, 13 Januari 2023 | 17:43 WIB

INNOKIN Raih Penghargaan Ecigclick Awards 2022

Selasa, 20 Desember 2022 | 10:16 WIB
X