Sri Mulyani Ungkap 3 Pilihan Rencana Kenaikan BBM: Tiga-tiganya Sama Sekali Nggak Enak

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 22:30 WIB
Sri Mulyani mengungkapkan ada tiga pilihan yang tengah dipertimbangkan pemerintah dalam menentukan nasib harga bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar. (Screenshoot instagram/@smindrawati)
Sri Mulyani mengungkapkan ada tiga pilihan yang tengah dipertimbangkan pemerintah dalam menentukan nasib harga bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar. (Screenshoot instagram/@smindrawati)

 

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani buka-bukaan soal rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang akan diumumkan Presiden Jokowi pekan ini.

Menurutnya para menteri dan lembaga terkait masih membahas kebijakan apa yang tepat untuk diambil mengenai harga pertalite dan solar itu.

Menkeu mengungkapkan ada tiga pilihan yang tengah dipertimbangkan pemerintah dalam menentukan nasib harga bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan solar.

"Sesuai yang disampaikan ke presiden saya menghitung. Berbagai hal kemudian muncul, mengenai apakah volumenya harus dikendalikan dan sebagainya. Ada tiga pemikiran yang kita bahas," ujarnya usai rapat Badan Anggaran, Selasa (23/8).

Baca Juga: Luhut Kasih Bocoran Presiden Jokowi Kemungkinan Umumkan Kenaikan BBM Pekan Ini

Pertama, pilihan menaikkan anggaran subsidi sekitar Rp198 triliun, sehingga yang saat ini sebesar Rp502 triliun akan menjadi Rp700 triliunan. Untuk hal ini kondisi APBN dipertimbangkan dengan sangat matang.

Kedua, mengendalikan volume melalui pembatasan pembelian. Dengan demikian, hal yang bisa menikmati BBM subsidinya nantinya hanya masyarakat yang berhak.

Ketiga, menaikkan harga BBM. Ini menjadi opsi terakhir yang sedang dihitung pemerintah akibat kenaikan harga minyak dunia.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Terkini

PT DEP Gelar National Convention Ke-4.

Senin, 5 Desember 2022 | 10:27 WIB

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB
X