Martin Manurung Appresiasi Program KUR BRI Yang Serap 32,1 Juta Tenaga Kerja dan Tingkatkan Produktivitas UMKM

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 20:19 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com-- Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI diestimasi mampu menyerap 32,1 juta tenaga kerja. Hal itu dik)etahui dari hasil riset yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Riset BRIN menunjukkan bahwa setiap akses KUR berpotensi meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak 3 orang.

Saat ini, BRI memiliki 10,7 juta nasabah existing KUR dari segmen KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil. Sehingga, dari penyaluran KUR BRI terhadap 10,7 juta nasabah tersebut diestimasi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja di seluruh Indonesia.

PBaca Juga: Upaya Menciptakan Sawit Berkelanjutan Melalui Sertifikasi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengapreasiasi kinerja program KUR BRI tersebut. Menurutnya, program KUR memang sangat positif untuk membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran, menyerap tenaga kerja, termasuk di masa pandemi kemarin.

“KUR yang disalurkan BRI berdampak positif pada pengurangan tingkat pengangguran dan peningkatan pemasukan pada sektor pendidikan dan kesehatan.

Pada masa pandemi, KUR juga mendorong ketahanan pelaku UMKM. Berdasarkan riset, di masa pandemi, pelaku UMKM penerima KUR bahkan masih mampu mencatatkan keuntungan,” kata Martin, Rabu (24/08/2022).

Baca Juga: Musda Aspadin VIII DPD Jawa Barat, DKI, & Banten, Diharapkan Mendukung Iklim Industri Modern

Martin menjelaskan, KUR yang disalurkan BRI juga berdampak positif pada peningkatan pendapatan usaha, mendorong terjadinya pengeluaran dan meningkatkan keuntungan bersih dari para pelaku UMKM.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB

Koordinasi Pusat dan Daerah Kunci Pengendalian Inflasi

Selasa, 29 November 2022 | 19:35 WIB
X