Industri Sawit Siap Pasok CPO Untuk Program B40

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 21:30 WIB
GAPKI pun memprediksi, ke depan, ada kemungkinan suplai pasokan sawit untuk program biodiesel meningkat, khususnya saat proporsi sawit dinaikkan menjadi 40% alias B40. (Screenshoot instagram/@gapki_ipoa)
GAPKI pun memprediksi, ke depan, ada kemungkinan suplai pasokan sawit untuk program biodiesel meningkat, khususnya saat proporsi sawit dinaikkan menjadi 40% alias B40. (Screenshoot instagram/@gapki_ipoa)

 


JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan tetap konsisten menyuplai CPO untuk kebutuhan B30 di dalam negeri.

GAPKI pun memprediksi, ke depan, ada kemungkinan suplai pasokan sawit untuk program biodiesel meningkat, khususnya saat proporsi sawit dinaikkan menjadi 40% alias B40.

“Saat ini, jumlah pasokan CPO yang dapat disuplai oleh GAPKI mencapai 9,3 juta ton,” kata Sekretaris Jenderal GAPKI Eddy Martono Eddy di Jakarta, Selasa (30/8).

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mencatat, saat ini Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang sudah mencampurkan energi terbarukan ke dalam minyak solar mencapai 30% atau B30.

Baca Juga: Parita English Village Inisiatif PIP Makassar, Jadi Ajang Asah Kompetensi Bahasa Asing

Negara-negara lain seperti Argentina, Brazil, hingga Amerika Serikat masing-masing baru memasuki skema B10, B12, dan B20.

Catatan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, realisasi penyaluran B30 hingga 27 Agustus 2022 mencapai 6,4 juta kiloliter (kl), naik 63% dari alokasi sebesar 10,15 juta kl.

GAPKI menguraikan, pihaknya terbuka terhadap peninjauan dari semua pihak, khususnya untuk kenaikan blending sawit secara saksama.

Pasalnya, program tersebut akan berdampak kepada produk turunan sawit lainnya. Terutama antara produksi dengan kebutuhan pangan lokal, kebutuhan non-pangan lokal, dan energi.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT DEP Gelar National Convention Ke-4.

Senin, 5 Desember 2022 | 10:27 WIB
X