Parlemen Dorong Peningkatan Konsumsi B30

- Rabu, 14 September 2022 | 08:30 WIB
EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, realisasi penyaluran B30 hingga 27 Agustus 2022 mencapai 6,4 juta kiloliter (kl)  (Instagram@biodiselproject.id)
EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, realisasi penyaluran B30 hingga 27 Agustus 2022 mencapai 6,4 juta kiloliter (kl) (Instagram@biodiselproject.id)

 



JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com - Penggunaan B30 yang diproduksi oleh industri sawit adalah bagian penting dari upaya Indonesia mengurangi penggunaan solar.

Parlemen mendorong agar B30 digunakan lebih luas oleh masyarakat. Selama ini, penggunaan lebih besar digunakan pada kendaraan umum, bukan kendaraan pribadi.

Karenanya, Dewan mendukung peningkatan suplai bahan bakar yang menggunakan CPO tersebut secara luas. Peningkatan ini dinilai bisa mengurangi konsumsi BBM masyarakat yang sebesar 80% berupa Pertalite.

Wakil Ketua Komisi VII Eddy Soeparno mengapresiasi penggunaan B30 di dalam negeri. "Di satu pihak memang saya mengapresiasi penggunaan yang lebih luas lagi untuk bahan bakar B30.

Baca Juga: Qarrar Firhand Sabet Runner Up di Trofeo d’Autunno Italia

Hal ini tentu merupakan bagian dari upaya kita untuk mengurangi penggunaan dari solar sepenuhnya karena ada campuran biodiesel di dalamnya," kata Eddy di Jakarta, Selasa (13/9).

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan di kesempatan berbeda menilai, seluruh program biodiesel merupakan salah satu upaya progresif pemerintah dalam mempenetrasi penerapan energi terbarukan di dalam negeri. Menurutnya, ada dua hal utama yang dapat Indonesia capai lewat program ini.

“Dengan program ini kita akan mendapat dua hal. Pertama, pastinya bisa mengurangi impor akan solar. Kedua, pasti jadi salah satu program unggulan pemerintah dalam rangka bauran energi,” ungkapnya di Jakarta.

Kementerian ESDM menyebut, diversifikasi energi fosil dengan energi terbarukan merupakan salah satu langkah konkret menurunkan emisi.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Industri Biodiesel Sudah Ikuti Aturan Pemerintah

Selasa, 15 November 2022 | 23:45 WIB

Penerapan SCR, Teknologi Mutakhir Kurangi Emisi PLTU

Minggu, 13 November 2022 | 22:30 WIB
X