Masih Bisa Digenjot Lagi, Simpanan Pelajar Jabar di Bank Lebih dari Rp 2 Triliun

- Kamis, 15 September 2022 | 13:40 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Total simpanan tabungan pelajar Jawa Barat mencapai Rp 2,4 triliun. Jumlah sebesar itu berasal dari satu juta lebih pelajar yang sudah membuka rekening di bank.

Angka tersebut dinilai masih bisa ditingkatkan lagi. Untuk itu, akselerasi implementasi Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) digulirkan mengingat jumlah pelajar yang belum membuka tabungan masih banyak.

"Hingga pertengahan tahun ini, tercatat akumulasi pelajar Jabar yang telah mempunyai rekening adalah sebanyak 1,43 juta siswa, dengan jumlah nominal Rp 2,4 triliun," kata Asda Ekbang Setda Jabar, Taufik Budi Santoso di Bandung, Kamis (15/9/2022).

Mengutip data BPS, jumlah pelajar di provinsi tetangga Jateng itu total mencapai 4, 45 juta orang. Angka ini menjadikan Jabar sebagai provinsi yang paling banyak pelajarnya secara nasional. Hanya saja, ini belum tergarap seluruhnya oleh Kejar.

Baca Juga: Susah Menabung, Mungkin ini Penyebabnya

Guna menjaring sisa pelajar yang belum punya rekening tabungan, Pemprov sudah mengeluarkan surat edaran guna mendorong keberhasilan program Kejar.

Trennya dinilai cukup menggembirakan. "Selama Agustus lalu, sudah 10 ribuan tabungan siswa yang dibuka. Kita harap program Kejar ini bisa ditindaklanjuti kabupaten dan kota," kata Taufik Budi Santoso.

Di tempat yang sama, Wagub Uu Ruzhanul Ulum menambahkan bahwa mestinya tak ada kesulitan dalam memassifkan pelajar supaya berhubungan dengan perbankan.

Baca Juga: Pelajar Diminta Menjadi Generasi Digital Native

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SimInvest Luncurkan Fitur Baru: Investasi Reksa Dana!

Jumat, 3 Februari 2023 | 14:20 WIB

Ada Gaduh Perang Galon di Balik Isu BPA

Jumat, 3 Februari 2023 | 13:39 WIB
X