Pendampingan Bisa Jadi Ikhtiar UMKM Makin Melek Digital

- Rabu, 21 September 2022 | 16:49 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Penggunaan teknologi digital bagi UMKM terus didorong. Proses pendampingan dinilai bisa menjadi kunci terutama dalam menghadirkan pemahaman atas urgensi kehadiran penyedia teknologi dengan UMKM yang hendak memanfaatkanya.

Terlebih pemerintah pun mendorong pelaku usaha tersebut untuk mengoptimalkan peluang-peluang pemasaran termasuk e-katalog belanja barang dan jasa pemerintah. Sentuhan digital diharapkan bisa menjembataninya di samping standar lain yang mesti dipenuhi.

"Sudah ada 1,1 juta produk UMKM yang masuk LKPP, di antaranya berasal dari 16.800 UMKM," kata Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antarlembaga, Luhur Pradjarto secara daring di sela-sela penandatanganan kesepahaman Pemprov Jabar dengan Penyedia Layanan Ekosistem B2B, Gudang Ada di Gedung Sate Bandung, Rabu (21/9/2022).

Menurut dia, sejumlah kendala memang masih menjadi tantangan. Terlebih, transformasi digital yang dilakukan butuh penataan kendati tren pertumbuhannya cukup positif. Transaksi digital di Asean misalnya, sebanyak 41, 9 persen berasal dari Indonesia.

Baca Juga: UU Perlindungan Data Pribadi Bikin Konsumen Makin Nyaman Bertransaksi Digital

Tantangan itu di antaranya akses jaringan, kapasitas SDM di antaranya pengembangan kompetensi berbasis digital, hingga membentuk ekosistem digital bagi koperasi dan UKM termasuk untuk pembiayaan guna pengembangan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji menjelaskan bahwa pihaknya tengah menggenjot koperasi dan UMKM di wilayahnya untuk terbuka bagi teknologi digital.

Total UMKM di Jabar mencapai 4, 6 juta unit. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 21 persen yang memanfaatkan teknologi kekinian itu pengembangan usahanya.

Baca Juga: Go Digital di Sektor Logistik, Kominfo Gandeng Deliveree

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Jumat, 30 September 2022 | 14:08 WIB
X