Perubahan PLN Diakui, Diganjar Sebagai The Best SOE in Digital Service Transformation 2022

- Sabtu, 24 September 2022 | 09:27 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - Transformasi yang dilakukan PT PLN (Persero) sejak dua setengah tahun lalu di antaranya dengan melakukan inovasi dan efisiensi berbasis digitalisasi mendapat pengakuan.

Hal ini tercermin dari penghargaan yang diraih PLN sebagai The Best SOE in Digital Service Transformation 2022 dalam ajang Infobank The Best State-Owned Enterprise Award 2022 di Bali pada Kamis (22/9) lalu di Bali.

"Hal ini menjadi bukti jika tranformasi yang dilakukan PLN berjalan dengan baik. Penghargaan ini juga merupakan kehormatan bagi seluruh tim PLN. Karena transformasi di PLN ini, bukan saja hanya dilakukan oleh Dirut atau BOD saja. Tetapi oleh perjuangan seluruh pegawai PLN," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya.

Darmawan menjelaskan bahwa dalam proses transformasi PLN itu ada perubahan tata kelola, struktur, skillset, hingga core kompetensi demi menjadikan PLN sebagai perusahaan yang forward looking. “Basisnya adalah transformasi, yang mengakomodasinya adalah digitalisasi,” katanya.

Baca Juga: Pembangkit Pemikul Beban Puncak PLN Mulai Dibangun, Investasinya USD 850 Juta, Gunakan Teknologi Pump Storage

Khusus digitalisasi, Darmawan menyebut bahwa langkah itu menyentuh berbagai aspek, mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan kepada pelanggan.

"Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan pun menjadi lebih andal," katanya.

Transformasi yang terus berjalan itu kemudian membuahkan hasil. Hal ini tercermin dari kinerja keuangan PLN yang meningkat di 2021, bahkan menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN. Pendapatan penjualan dan EBITDA mengalami peningkatan.

Baca Juga: Transformasi Tak Kendor, Optimalisasi Fungsi Melistriki Nusantara Makin Gacor

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
X