Tinjau Terminal Tipe A Amplas, Menhub Minta Dukungan Pemkot Medan Tertibkan Terminal Bayangan

- Sabtu, 24 September 2022 | 19:47 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta dukungan dari Pemerintah Kota Medan, TNI/Polri, dan unsur terkait lainnya untuk menertibkan bus-bus yang masih menggunakan terminal bayangan atau pool-pool yang dimiliki di luar Terminal Tipe A Amplas, di Medan, Sumatera Utara.

“Kita telah membangun Terminal Tipe A Amplas yang menurut saya salah satu terminal terbaik di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan bandara. Ini menjadi pusat integrasi antarmoda.

Untuk itu saya mohon dukungan Wali Kota dan Dandim untuk melakukan penegakkan hukum bagi operator bus yang melakukan kegiatan di luar terminal,” ujar Menhub saat meninjau Terminal Tipe A Amplas bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (24/9).

 Baca Juga: Soal Klaim Pembangunan, Prabowo: Bangsa Kita Memang Susah Mengapresiasi

“Terminal ini akan berfungsi dengan baik apabila semua bus-busnya pindah ke sini. Di dalam terminal lebih tertata dengan baik dan nyaman, ada bus antarkota dan angkutan dalam kota. Dibandingkan di luar terminal, penumpang harus lari-lari dan macet,” katanya.

Lebih lanjut, Menhub meminta jajaran Ditjen Perhubungan Darat bersama Pemkot Medan dan unsur terkait melakukan pertemuan secara berkala untuk memastikan penegakkan hukum dijalankan dan fungsi dari terminal menjadi lebih optimal.

 Baca Juga: Bambang Haryo Prihatin, Ditengah Hari Maritim Nasional, Nelayan Kesulitan BBM

Selanjutnya terkait dengan pelibatan pelaku UMKM untuk menempati area komersial di area terminal, Menhub meminta pengelola terminal dapat mengurasi dengan baik produk-produk lokal yang berkualitas.

“Di Medan ada kuliner mi atau kopi yang enak, yang nanti bisa menempati area komersial di sini,” ucap Menhub.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
X