Tak Hanya Akses Pembiayaan, Ekosistem UMKM Perlu Dibangun

- Sabtu, 24 September 2022 | 21:11 WIB

jakarta.suaramerdeka.com - OJK tidak hanya mendorong akses pembiayaan saja, tapi juga berupaya melakukan peningkatan kualitas ekosistem UMKM dari hulu sampai hilir sehingga menjadikan pelaku usahanya memiliki daya saing tinggi.

Menurut Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono, program pengembangan UMKM, seperti memperluas akses kredit atau pembiayaan serta gencar melaksanakan edukasi-sosialisasi keuangan sebagai salah satu bentuk pendampingan bakal intens dilakukan.

"Diharapkan hal ini bisa mendorong kebangkitan sektor UMKM yang selama ini menjadi pilar perekonomian negara, menemukan momentum yang baik dalam pemulihan ekonomi nasional, " katanya dalam keterangannya, Sabtu (24//2022).

OJK sendiri berupaya terus bersinergi dengan pemangku kepentingan termasuk pemerintah, regulator dan Lembaga Jasa Keuangan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Barat guna dapat terus meningkatkan kemampuan pelaku UMKM.

Baca Juga: UMKM Jangan Sekadar Digiring Supaya Go Digital

Di antaranya memberikan pengetahuan dasar-dasar kewirausahaan dan pengelolaan keuangan kepada UMKM, peningkatan kapasitas usaha bagi pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan pasarnya melalui program inkubasi bisnis dan pemberian pengetahuan terkait digital marketing.

Kemudian, bagi UMKM yang telah mapan dan siap ekspor, diberikan bimbingan yang lebih intensif terkait dengan penyiapan produk untuk orientasi ekspor.

"Selain itu, OJK juga gencar melaksanakan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat dan pelaku UMKM, sehingga bisa meningkatkan pemahamannya dalam memanfaatkan produk dan jasa keuangan," jelasnya.

Baca Juga: Pendampingan Bisa Jadi Ikhtiar UMKM Makin Melek Digital

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X