Tingkatkan Kapasitas SDM Koperasi, LPDB-KUMKM Berikan Pendampingan Pengelola KSP Kopdit Obor Mas

- Kamis, 29 September 2022 | 09:27 WIB

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) terus mengintensifkan perannya sebagai lembaga negara.

Yang tidak hanya fokus kepada pembiayaan dana bergulir kepada Koperasi dan UKM, tetapi juga melakukan pendampingan dan inkubasi usaha.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo mengatakan, akselerasi perekonomian masyarakat yang merupakan anggota Koperasi dan pelaku UMKM terus ditingkatkan melalui pelatihan, pendampingan dan inkubasi.

Baca Juga: Berkat UMK Academy, Hampir 500 UMK Sudah Tembus Pasar Internasional

"Dengan itu dampaknya perekonomian masyarakat bisa ditingkatkan melalui kelembagaan koperasi, jadi fungsi ekonomi daripada koperasi bisa berjalan maksimal yang memberikan nilai tambah dari anggota untuk anggota,” ujar Supomo dalam keterangannya, Rabu (28/9/2022).

Adapun salah satu pendampingan yang dilakukan oleh LPDB-KUMKM yakni melakukan pelatihan kepada para pengelola KSP Kopdit Obor Mas dalam melakukan analisa kredit kepada anggota UMKM.

Tentu harapannya kapasitas SDM di KSP Kopdit Obor Mas meningkat, sehingga dapat megurangi risiko timbulnya kredit macet.

Baca Juga: Anak SD Dibully Gegara Seragam, Emil Turun Tangan, Gagas Pembentukan Satgas Perundungan 

Selain itu, lebih jauh lagi diharapkan dengan pendeketan “venture approach” diharapkan pengelola koperasi mampu dan memiliki orientasi untuk membantu dan mengembangkan usaha anggotanya menjadi naik kelas.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terapkan Prinsip GRC, LPDB-KUMKM Jaga Kinerja Positif

Rabu, 23 November 2022 | 15:10 WIB

Harapan Pelaku UMKM di Bali Terhadap KemenKopUKM

Minggu, 20 November 2022 | 12:36 WIB
X