Kembangkan Kawasan Selatan, Sokongan Logistik Modern dan Andal Jadi Urgensi

- Kamis, 29 September 2022 | 17:20 WIB

 

BOGOR, jakarta.suaramerdeka.com - Persoalan logistik yang andal menjadi kebutuhan yang mesti segera dipecahkan menyusul target prioritas pengembangan kawasan selatan Jabar.

Menurut Kepala Bank Indonesia Jabar, Herawanto, kebutuhan sistem logistik itu menjadi problem utama di tengah dinamika pemulihan ekonomi selepas pandemi Covid-19 termasuk kenaikan harga BBM.

"Secara umum, logistik memakan 20-30 persen dari beban biaya pengusaha, ini perlu lebih diefisienkan apalagi dengan kenaikan energi," tandasnya di Kopi Cibulao Hejo, Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (29/9/2022).

Untuk itu, perubahan perlu dilakukan. Di antaranya dengan mulai memanfaatkan sistem logistik yang memang sudah teruji terutama dari sisi sistem informasi dan digitalisasi bisnis.

Baca Juga: Go Digital di Sektor Logistik, Kominfo Gandeng Deliveree

"Ini dampaknya gede banget. Jadi logistik sistemnya itu tak hanya soal truk pergudangan tapi sistem informasi yang mendukung, modern karena bisa men-tracking, bahkan rute alternatif yang bisa menawarkan biaya," katanya.

Karenanya, hal itu menuntut kesiapan sistem digital logistik yang berbasis IoT yang mengoptimalkan teknologi GPS untuk memudahkan monitoring shipment.

Di luar itu, pihaknya menilai peran BUMN seperti PT KAI dan Posindo bisa lebih dioptimalkan dalam persoalan kebutuhan logistik dalam pengembangan potensi Jabar selatan itu.

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X