Dubes Kanada Untuk Indonesia dan Bappenas Umumkan Penutupan dan Diseminasi Proyek NSLIC/NSELRED

- Kamis, 29 September 2022 | 19:30 WIB
Head of Development Cooperation, Global Affairs Canada, Mr. Kevin Tokar Project Director NSLIC NSELRED - Mr. Peter F. Walton, Plt. Direktur Regional II Bappenas - Mohammad Roudo (Foto: Arief Sinaga/SM Jakarta)
Head of Development Cooperation, Global Affairs Canada, Mr. Kevin Tokar Project Director NSLIC NSELRED - Mr. Peter F. Walton, Plt. Direktur Regional II Bappenas - Mohammad Roudo (Foto: Arief Sinaga/SM Jakarta)

JAKARTA,suaramerdeka-jakarta.com
Pada September 2022 menandai tahun ke-6 pelaksanaan Proyek NSLIC/NSELRED (National Support for Local Investment Climates/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development)
di Indonesia.

NSLIC/NSELRED adalah proyek yang didanai Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

Bekerja untuk mendukung prioritas Pemerintah Indonesia dalam iklim investasi dan pengembangan ekonomi lokal, NSLIC memberikan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan kemampuan kementerian nasional dan pemerintah daerah untuk mengatasi kendala utama dalam regulasi bisnis dan perizinan.

Berkoordinasi erat dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), NSLIC berkontribusi dalam pengembangan dan sosialisasi Pedoman Nasional pengembangan Mal Pelayanan Publik yang akan digunakan oleh 37 provinsi.

Baca Juga: Kembangkan Kawasan Selatan, Sokongan Logistik Modern dan Andal Jadi Urgensi

Bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), NSLIC mendukung penyusunan beberapa Pedoman Nasional Kerjasama Antar Daerah untuk 37 provinsi di Indonesia.

Di provinsi mitra Gorontalo dan Sulawesi Tenggara misalnya, NSLIC bekerja meningkatkan sumber daya manusia dan kelembagaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Di tingkat lokal NSLIC juga bekerja di 18 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) sebagaimana diidentifikasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dan 2020-2024, dan 13 kabupaten/kota tambahan untuk Program Akses Pasar.

Selain itu, NSLIC mendukung 10 kabupaten/kota di Gorontalo dan Sulawesi Tenggara meningkatkan nilai tambah produk lokal dan meningkatkan produktivitas dan daya saing usaha Mikro dan Kecil (UMKM) dalam membangun keterampilan e-commerce, pemasaran daring dan ekspor digital.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Terkini

X