Ketika Kopi Bersemi di Cibulao

- Senin, 3 Oktober 2022 | 13:35 WIB

BANDUNG, jakarta.suaramerdeka.com - Sebelum kopi kahot seperti sekarang, keberadaannya sempat tak dilirik sebelum waktu membuktikannya. Cerita itu pula yang membungkus kopi Cibulao, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Tak sebatas saat diseduh, kopi asal kawasan wisata Puncak itu pun sudah harum ke mana-mana dari banyak kota di Tanah Air hingga Perancis. Jenis kopinya robusta dan arabica. Ada pula, kopi buhun yang menjadi andalan kendati perawatannya disebut ribet tapi menghasilkan cita rasa luar biasa.

Petaninya, yang bernaung di Gapoktan setempat, ikut merasakan aroma kesegarannya karena ganjaran penghasilannya sudah di atas UMR Kota Bandung yang nilainya Rp 3, 7 juta. Totalnya, 300-an orang.

Menurut penggiat kopi Cibulao, Jumono, budidaya kopi di wilayahnya tak terlepas dari banyak sebab. Dari mulai perambahan hutan yang sempat marak, kesejahteraan sebagai buruh teh, hingga kesadaran kembali untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga: Ingin Ikuti Kejayaan Kopi, Kampanye Teh Mulai Diseriusi

Mereka pun sempat dituding ikut berkontribusi atas persoalan banjir di ibukota. Pasalnya, kawasan yang ditinggali 5 gabungan kelompok tani itu merupakan Km 0 alias hulu Sungai Ciliwung.

"Kita juga kesal disebut sebagai penyebab banjir, padahal bisa dibuktikan itu kontribusi kawasan hulu, hilir, atau tengahnya," katanya pekan lalu.

Justru dengan budidaya kopi itu, pihaknya turut menjaga lingkungan termasuk meminimalisir potensi longsor. Mereka bahkan menanaminya di kawasan bekas longsor. Pola penanamannya sendiri di antara tegakan pohon.

Baca Juga: Partisipasi PPI Dalam Pameran Pasar Kopi di Eropa

Halaman:

Editor: Budi Nugraha

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:46 WIB

Q3-2022, Laba Bersih PertaLife Melonjak 71,04 Persen

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:56 WIB

Ketahanan Ekonomi Indonesia Bisa Tarik Investor

Kamis, 1 Desember 2022 | 20:27 WIB

Masyarakat Antusias Belanja di Pertamina SMEXPO 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:27 WIB

TECH Optimis Menyambut Tahun 2023

Rabu, 30 November 2022 | 14:56 WIB
X